alexametrics

Bidik Komunitas Anggungan Jadi Potensi Wisata

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agus Wibowo tertarik dengan Komunitas Anggunan sebagai potensi wisata minat khusus. Hal itu diungkapkan ketika menghadiri latihan bersama (latber) Komunitas Pecinta Anggungan Wonosobo di Taman Selomanik.

Menurut Agus, event semacam ini merupakan budaya leluhur yang harus terus dilestarikan sebagai bagian dari atraksi tradisional asli Indonesia.

Atraksi seperti ini bisa dikemas dengan baik, indah, dan unik, sehingga menjadi salah satu destinasi minat khusus dan mendorong pertumbuhan pariwisata dan budaya.

Agus berharap ke depan event ini bisa diselenggarakan di lokasi yang berbeda seperti di objek wisata dan dikemas tematik. Misalkan perkutut negeri di awan. Karena brandingnya Wonosobo adalah negeri di atas awan. Melalui perkutut ini bisa menjadi agen dalam mempromosikan daerah. Sebagai daerah wisata karena masuk kawasan strategi pariwisata nasional (KSPN).

Baca juga:  Gugatan PT TDAP Kembali Ditolak

“Kalau wisatawan datang ke Wonosobo dalam jumlah banyak, jajannya banyak, tidurnya lama. Dan makan banyak di sini semua uangnya ditukar di sini, tentu itu akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat di Wonosobo,” ujarnya.

Ke depan menurutnya perlu ada gerakan kolaboratif dalam mempromosikan destinasi wisata dengan menyelenggarakan lomba burung anggungan misalnya di Lubang Sewu Erorejo atau di Sikunir.

Penyelenggaraan kegiatan seperti ini yang bisa menciptakan sensasi sehingga menjadi viral. Hal yang biasa-biasa saja akan menjadi hal yang luar biasa apabila viral. (lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya