alexametrics

Kembalikan Rp 7 Miliar ke Negara

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Kejaksaan Negeri Wonosobo telah berhasil kembalikan dana negara dalam beberapa waktu terakhir. Kali ini, pihak kejaksaan mampu kembalikan miliaran rupiah hasil wanprestasi proyek pembangunan Pasar Induk Wonosobo.

“Kita berhasil mengembalikan dana ke pemerintah setelah beberapa waktu lalu memenangkan perkara dalam kasus wanprestasi pelaksanaan paket pekerjaan pembangunan Pasar induk Wonosobo melawan kontraktor pemenang lelang,” terang Kasi Datun Kejaksaan Negeri Wonosobo Alfierro.

Menurutnya, pihak kejaksaan pada 2022 ini telah berhasil memulihkan keuangan negara senilai Rp 7.158.838.850. Dana tersebut berasal dari pencairan garansi bank sebagai jaminan pelaksanaan Paket pembangunan Pasar Induk Wonosobo yang dilakukan oleh PT Tirta Dhea Addonics Pratama selaku pemenang lelang pertama.

Baca juga:  Warga Batusari Wadul Pemkab

“Tetapi setelah berjalannya waktu kita ketahui bersama pemenang lelang itu melakukan wanprestasi karena tidak bisa menyelesaikan pekerjaan hingga batas waktu yang telah ditentukan. Sehingga dana Rp 7 miliar itu bisa kita ambil,” ujarnya.

Setelah berhasil melakukan pemulihan, pihaknya langsung menyerahan secara simbolis kepada pihak Bank Bukopin Syariah Cabang Melawai Jakarta Selatan sebagai penerbit bank garansi jaminan proyek tersebut. Uang tersebut langsung dimasukkan ke rekening Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan dicatat oleh BPPKAD.

“Perjalanannya cukup panjang hingga kita peroleh ini. Pencairan ini sebelumnya mengalami kendala selama kurun waktu 3 tahun lebih. Oleh karena itu pihak PPK proyek kegiatan tersebut meminta bantuan hukum nonlitigasi kepada Kejaksaan Negeri Wonosobo untuk proses pencairan tersebut,” katanya.

Baca juga:  60 Persen Jalan di Wonosobo Rusak

Sementara Tim Jaksa Pengacara Negara (JPN) akhirnya mengundang pihak Bank Bukopin Syariah untuk bernegosiasi hingga akhirnya proses pencairan pun berhasil. “Kami berharap dengan dicairkannya jaminan pelaksanaan ini dapat digunakan sebagaimana mestinya dan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat Wonosobo,” tandasnya. (git/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya