alexametrics

Segera Bentuk Relawan Tanggap Bencana

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat meminta segera dibentuk relawan tanggap bencana daerah. Sekaligus menyiapkan sarana dan prasarana pendukung yang lengkap.

“Kita semua tidak tahu kapan bencana akan datang. Tugas kita menyiapkan tenaga sumber daya manusia (SDM) dalam penanggulangan bencana. Tak kalah pentingnya menyiapkan sarana dan prasarana pendukung yang lengkap,” tutur Bupati Afif saat pengukuhan dan pelatihan tim relawan bencana Garung Keren, Rabu (30/3) di Pendopo Kecamatan Garung.

Lanjut Afif, pasca pembentukan relawan segera dilakukan pelatihan dan pendidikan dasar sebagai bekal di lapangan tentang mitigasi bencana, penanganan dan kegawatdaruratan secara maksimal.

Jika di 265 desa/kelurahan se-Wonosobo memiliki masing-masing minimal 5 relawan dan fasilitas pendukung lainnya, maka proses penanganan bencana alam akan lebih efektif.

Baca juga:  Ratusan Santri Kembali ke Pondok

Camat Garung Subiyantoro berharap, relawan yang baru saja  dikukuhkan bisa segera mendapatkan pendidikan dan pelatihan dari Badan BPBD Wonosobo. Juga difasilitasi peralatan canggih sesuai perkembangan zaman.

Sebanyak 32 relawan yang dikukuhkan terdiri dari perwakilan karang taruna, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan banser. Usai pengukuhan, dilanjutkan resik-resik Wangan Aji di tepi jalan Wonosobo Dieng Kecamatan Garung. (lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya