alexametrics

Tawarkan Potensi Wisata ke Luar Daerah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Wonosobo Tourism Business Forum (WTBF) terus memperluas jaringannya. Salah satunya melakukan pertemuan dengan buyers Jabar, Banten dan DKI Jakarta.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo menjelaskan, promosi pariwisata bisa dilakukan dengan berbagai macam hal. Kali ini, WTBF memperluas jaringan pemasaran pariwisata di Wonosobo dengan memperbanyak promosi yang dilakukan.

“Kita tahu jika wilayah Jawa Barat sendiri masih d iangka 11 persen dari seluruh jumlah wisatawan yang ke Wonosobo berdasarkan hasil riset anlisis belanja wisatawan ke Wonosobo tahun 2021 lalu. Tentu kita perlu promosikan ini ke sejumlah buyers di sana,” terangnya.

Kegiatan promosi pariwisata itu dilakukan dengan mengunjungi tiga tempat. Yakni Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Kuningan. Ada kolaborasi yang apik bersama para pelaku wisata, asosiasi pariwisata dan dinas pariwisata setempat. “Bahkan di Kota Cirebon, rombongan diterima di Keraton Kasepuhan dan dihadiri langsung oleh kerabat keraton,” ujar Agus yang juga ikut dalam rombongan itu.

Baca juga:  Usai Dilantik, Bupati Afif Langsung Ziarah ke Makam Kasepuhan

Para sellers dari Wonosobo ini berkesempatan memperluas jaringan pemasaran bisnis mereka dengan melakukan tatap muka secara langsung dengan operator pariwisata dan travel agent dari Jabar – Banten dan DKI Jakarta. Mereka mempromosikan berbagai produk pariwisata, antara lain paket wisata, hotel, homestay, rumah makan, dan produk oleh-oleh.

Kabid Pemasaran Disparbud Wonosobo Fatonah Ismangil menyampaikan dengan semakin luasnya jaringan pemasaran kepariwisataan, diharapkan Kabupaten Wonosobo menjadi daerah tujuan wisata yang semakin dikenal luas. “Sehingga secara multiplier effect dapat membangkitkan kembali perekonomian daerah yang sempat terpuruk akibat pandemi melalui sektor pariwisata,” katanya. (git/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya