alexametrics

Satu Dusun Terancam Banjir

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Bencana tanah longsor terjadi di area lahan milik Perum Perhutani KPH Kedu Utara di wilayah yang masuk Desa Karangsambung, Kecamatan Kalibawang, Wonosobo. Longsor itu menyeret satu hektare kawasan hutan yang ada di wilayah tersebut. Satu dusun terancam banjir bandang jika longsoran tersebut tak segera ditangani.

“Dampak dari longsoran itu, areal lahan seluas 3 hektare tergenang air dengan ketinggian sudah ada yang mencapai 8 meter,” kata Kepala BPBD Wonosobo, Bambang Triyono saat dikonfirmasi pada Senin (21/3).

Ia menjelaskan, saat ini area yang terkena longsoran itu menutup saluran air pembuangan dari mata air Rowo Pening di wilayah tersebut. Sehingga saat turun hujan lebat pada Selasa (16/3) lalu, air hujan yang tak bisa keluar itu terjebak dan terus meninggi. “Air yang sudah terjebak di sana sulit untuk segera surut karena memang di wilayah itu ada mata air yang cukup besar dan membentuk sebuah danau,” katanya.

Baca juga:  Masih Ada Siswa yang Takut Ikut Ujian Tatap Muka

Jika tak segera diatasi, pihaknya khawatir jika suatu saat masih terjadi hujan lebat kemudian menjadikan wilayah tersebut jebol. Sehingga satu dusun terdekat itu dikhawatirkan akan menjadi korban.

“Karena jarak antara lokasi longsor dan permukiman warga terdekat itu sekitar dua kilometer saja. Kalau ini jebol tentu akan membahayakan sejumlah warga yang tinggal di Dusun Pucungroto, Desa Kalikarung,” ujarnya.

Maka, sebagai upaya antisipasi dampak longsoran awal ini, BPBD telah menyalurkan bantuan berupa lima batang pipa masing-masing berdiameter 50 sentimeter. Penggunaan pipa agar air bisa dikendalikan dan tidak membahayakan. “Rekayasa akan kami pasang pralon pembuangan mengarahkan aliran air kerjasama dengan DPU PR,”katanya.

Tim dari Pemkab Wonosobo juga sudah mengecek lokasi tanah longsor di Desa Karangsambung, Kecamatan Kalibawang yang berakibat timbulnya genangan air seluas sekitar 3 hektare dan ketinggian air sudah mencapai 7-8 meter.

Baca juga:  Masyarakat Wonosobo Minta Bupati Sensitif Persoalan Warga

“Sementara ini kita pasang garis polisi supaya warga yang ada di dekat lokasi ini. Terlebih akses menuju lokasi sebenarnya sudah tertutup longsoran juga,” ungkapnya. (git/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya