alexametrics

Targetkan Satu Desa Lima Relawan Bencana

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, WONOSOBO – Banyaknya bencana alam belakangan ini menjadi perhatian serius Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat.“Kami telah berkoordinasi dengan BPBD Wonosobo untuk kembali mengaktifkan peran relawan tanggap bencana di tiap-tiap desa. Hal ini harus dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan jika terjadi bencana alam di level skala desa,” ungkap Afif saat monitoring dan valuasi di beberapa lokasi bencana di Kecamatan Garung kemarin.

Ia menargetkan pada 2022, sebanyak 265 desa di Kabupaten Wonosobo masing-masing akan memiliki relawan tanggap bencana. Minimal lima orang untuk membantu personel BPBD Wonosobo yang jumlahnya terbatas.
Afif mengajak masyarakat agar tidak pesimis serta melakukan introspeksi diri dengan tetap menjaga kelestarian alam di lingkungan masing-masing. Dimulai dari kegiatan sederhana. Yakni tidak mengotori sungai dengan sampah, serta tidak membangun rumah di pinggiran sungai.

Baca juga:  Tari Topeng Tetap Digelar secara Virtual

Ia juga berpesan kepada masyarakat ketika akan mendirikan bangunan agar mematuhi ketentuan yang berlaku. Sehingga tidak menimbulkan bahaya di lingkungan sekitar. “Perlu adanya kesadaran serta sinergitas bersama semua masyarakat. Kita jaga alam ini, sungai ini, tidak menimbulkan pontensi bencana alam baru,” imbuhnya.

Saat disinggung alokasi anggaran untuk penanganan bencana alam, Afif menyebut Pemkab memiliki keterbatasan dana. Maka, pihaknya akan bekerja sama dengan pemerintah pusat dan provinsi dalam upaya menangani bencana alam.

“APBD kita sangat terbatas. Namun kita sudah mencadangkan untuk alokasi bencana alam. Dengan banyaknya bencana alam seperti ini tidak mungkin cukup. Maka, sharing anggaran dari pusat maupun provinsi kita perlukan untuk penanganan bencana,” ujar Afif.

Baca juga:  Festival Naga Air, Potensi Wisata Wilayah Selatan Wonosobo

Ia mengaku pada 2023 pihaknya akan membuat skala prioritas anggaran untuk penanganan bencana di Kabupaten Wonosobo. (git/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya