alexametrics

Banjir Longsor Terjadi di 16 Titik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, WONOSOBO – Sebanyak 16 titik lokasi mengalami longsor dan banjir Kamis (10/3) sore. Meski tak ada korban jiwa, ditaksir kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo dari 16 lokasi bencana, tiga daerah mengalami banjir bandang, serta 13 titik mengalami longsor. Mayoritas terjadi di wilayah Kecamatan Garung dan Mojotengah.

Kepala Pelaksana BPBD Wonosobo Bambang Triyono mengatakan banjir bandang terparah melanda Desa Tegalsari, Kecamatan Garung yang merendam puluhan rumah warga.

“Banjir bandang terjadi di Dusun Siwadas, Desa Tegalsari, Kecamatan Garung diakibatkan luapan sungai hingga menerjang perkampungan. Sebanyak 50 KK yang berada di 4 RT terendam banjir selama beberapa jam,”terang Bambang.

Baca juga:  Dapur Umum Korban Banjir Pekalongan jadi Perhatian Mensos

Banjir juga terjadi di Desa Jawar, Mojotengah karena meluapnya Sungai Wangan Aji yang kemudian merendam jalan provinsi. Desa Wonokromo, Mojotengah terdampak luapan sungai sampai ke kantor Desa Wonokromo.

Di Kecamatan Mojotengah, longsor terjadi di tiga titik lokasi. Yakni di Dusun Melikan, Desa Deronduwur. Longsor senderan di samping rumah yang mengakibatkan dua rumah terdampak. Lalu longsor di Dusun Silandak, Desa Slukatan menimpa tiga bangunan SDN 2 Slukatan.

Di Kecamatan Sukoharjo longsor terjadi di Desa Pulus dan Desa Pucungwetan. Senderan di Desa Pulus panjang 8 meter dan tinggi 15 meter menimpa dua rumah. Satu keluarga terpaksa diungsikan. Di Pucungwetan, tebing 6 x 6 meter longsor mengenai sebagian rumah warga dan menutup akses jalan kampung.

Baca juga:  Tersangka Balon Ilegal Siap Disidang

Kemudian di Kecamatan Garung terjadi di tiga titik lokasi. Yakni di Dusun Curug, Desa Tegalsari yang berakibat akses jalan desa tertutup. Tanah longsor di Dusun Pringapus, Desa Tegalsari, yang menimpa satu rumah dan satu terdampak mengungsi. Lalu tanah longsor di Dusun Suruhan, Desa Sitiharjo menimpa satu rumah.

Sementara di Kecamatan Watumalang ada dua tanah longsor di Dusun Rejosari, Desa Krinjing yang menutup akses jalan serta di titik lain mengancam dua rumah. Di Dusun Depok, Desa Krinjing juga terjadi tanah longsor yang menimpa satu rumah dan mengancam dua rumah huni serta menutup akses jalan. (git/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya