alexametrics

Disparbud Kabupaten Wonosobo Prioritas Kembangkan Lima Dieng Baru

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo terus mengembangkan kawasan strategis pariwisata kabupaten. Pengembangan 5 Dieng Baru sebagai representasi destinasi prioritas kabupaten selain Dieng dan sekitarnya terus dikerjakan. Namun karena capaian pengerjaan yang begitu luas, maka tak bisa digarap dalam waktu yang cukup singkat.

“Akan kita kerjakan secara bertahap. Karena kita punya lima destinasi prioritas kabupaten (DPK) yang saat ini perlu untuk dikerjakan bersama-sama,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo.

Lima DPK itu meliputi kawasan Kalianget dan sekitarnya, Sindoro-Sumbing dan sekitarnya, Pantodomas (Sapuran Kepil) dan sekitarnya, Serayu dan sekitarnya, serta Wadaslintang Winongsari termasuk Depok-Mergolangu Kalibawang dan sekitarnya.

Baca juga:  KPU Juga Sosialisasikan Kotak Kosong

Adapun yang sedang digagas dan telah disusun desain arsitekturnya adalah perencanaan pengelolaan pariwisata kawasan Wadaslintang dalam bungkus Spirit of Wadaslintang (Sowa).

Rencananya akan meliputi berbagai aspek serta membutuhkan landasan kerjasama multipihak. Termasuk dari pihak Balai Besar Waduk Sungai Opak Progo (BBWSOP) Kementerian PUPR. “Terutama terkait pemanfaatan aset dan tata kelola pariwisata termasuk kelembagaannya akan disiapkan dengan skema yang terbaik,” katanya.

Selain pembenahan destinasi, dilakukan pula penguatan SDM pengelola destinasi pariwisata melalui pelatihan-pelatihan. Seperti pelatihan pengelolaan homestay, pelatihan toilet bersih, pelatihan tata kelola bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata, pelatihan pengelolaan desa wisata, dan lainnya.

Diharapkan dengan adanya pelatihan-pelatihan tersebut, ada peningkatan kapasitas SDM pengelola pariwisata yang berdampak positif bagi tingkat kunjungan wisatawan dan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata. (git/ton)

Baca juga:  Fokus Branding, Smart City Terus Digodok

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya