alexametrics

Lumpuh, Terjebak dalam Kobaran Api

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, WONOSOBO – Musibah kebakaran kembali terjadi di Wonosobo. Kali ini, menimpa keluarga Ponisah, 66, warga RT 06 RW 02 Desa Balaikambang, Kecamatan Selomerto. Satu orang penyandang disabilitas meninggal dunia kejadian nahas itu.

Kasi Humas Polres Wonosobo AKP Slamet Prihatin menyampaikan, peristiwa tersebut terjadi Rabu (2/3) sekitar pukul 00.30 dini hari. Korban yang meninggal bernama Yasin, 42. Jenazah korban ditemukan setelah api berhasil dipadamkan.

“Korban meninggal dunia karena pada saat kejadian ia dalam keadaan lumpuh, sehingga tidak bisa menyelamatkan diri dari kobaran api,” ungkapnya saat dikonfirmasi.

Saat kebakaran terus membesar, korban tak bisa ke mana-mana. Ia hanya meminta tolong dari dalam kamarnya. Namun, tidak ada yang berani masuk ke dalam lantaran api sudah hampir melahap seluruh bagian rumah. “Ia memang sempat meminta tolong dari dalam rumah. Tapi tidak ada warga yang berani mendekat. Sementara keluarganya terus menangis,” ungkapnya.

Baca juga:  Tim Gabungan Tidak Temukan Rokok Ilegal

Kobaran api baru mereda setelah dua jam membakar seluruh rumah. Saat proses evakuasi korban yang merupakan anak pemilik rumah tidak berhasil diselamatkan karena mengalami luka bakar yang cukup parah. Jenazah korban kemudian di bawa ke RSUD Setjonegoro Wonosobo untuk diperiksa. Kerugian material diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo Bambang Triyono menyampaikan, kejadian bermula pada saat Ponisah sedang istirahat di dalam kamarmya. Ia tiba-tiba terbangun saat mendengar suara kebakaran yang berasal dari kamar Yasin. Saat dilihat, kamar anaknya sudah terbakar dengan api yang cukup besar. Ia kemudian meminta tolong kepada warga sekitar untuk menyelamatkan anaknya yang kondisinya lumpuh menahun. “Namun, karena api sudah membesar warga tidak berani untuk menyelamatkan anak korban,” jelasnya.

Baca juga:  Pola Tanam Salah, Sedimentasi Tinggi

BPBD menerjunkan sejumlah personel beserta dua unit mobil damkar dan dua unit mobil water suplay. Bersama warga sekitar dan petugas gabungan, pihaknya berhasil memadamkam api sekitar pukul 02.00 WIB. “Setelah berhasil dipadamkan, petugas kemudian mengevakuasi jenazah korban. Untuk kondisi rumah korban habis terbakar dan sementara ini keluarga korban diungsikan di rumah keluarganya,” tandasnya. (git/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya