alexametrics

Stok Darah di Wonosobo Masih Kurang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Kebutuhan kantong darah di Kabupaten Wonosobo cukup banyak. Namun di Februari 2022 ini, jumlah stok yang dibutuhkan masih kurang.

Humas Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Wonosobo Tri Haryanto mengaku, paling tidak kebutuhan darah di setiap bulannya bisa mencapai 800 kantong. Jumlah tersebut untuk memenuhi permintaan sejumlah rumah sakit (RS) yang ada di Wonosobo.

“Untuk bulan ini kebutuhan kita masih kurang. Karena memang perkiraan kantong darah kita butuh sekitar 800 kantong per bulan. sekarang baru 700 an,” terangnya saat melakukan aksi donor darah yang dilakukan oleh komunitas silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di Desa Lumajang, Kecamatan Watumalang Senin (28/2).

Baca juga:  Lima Pencuri Terjaring Opserasi Sikat Jaran Candi

Penasehat PSHT yang juga Dirut RSUD Stjonegoro Danang Sasongko menyebut banyak manfaat yang diperoleh saat donor darah. Saat melakukan sumbang darah, pendonor tentu akan kehilangan sedikit sel darah merah. Meski demikian, hal tersebut akan memicu sumsum tulang belakang memproduksi sel darah merah.

Jika sumsum tulang bertugas memproduksi sel darah merah, jantung adalah organ tubuh yang kerjanya memompa darah ke seluruh tubuh. Melakukan donor darah secara teratur disebut bisa menekan risiko terkena serangan jantung hingga lebih dari 80 persen. (git/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya