alexametrics

Tidak Semua Sampah Masuk TPA

Artikel Lain

RADARSEMARANGID, Wonosobo – Persoalan lingkungan masih marak di Kabupaten Wonosobo. Bukan hanya masalah rentannya ekosistem di daerah hulu, kota dingin ini menjadi salah satu wilayah yang rentan darurat sampah. Umur TPA Wonorejo, Kecamatan Selomorto, Wonosobo diprediksi tak lebih dari 10 tahun.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonosobo Widi Purwanto menegaskan, TPA Kabupaten Wonosobo yang dipusatkan di Desa Wonorejo sudah overload. Sebab hanya dalam hitungan satu hari saja, sampah yang terkumpul mencapai 70 ton. Bahkan pada Sabtu dan Minggu bisa mencapai 100 hingga 125 ton sampah.

“Sabtu dan minggu jumlahnya naik hampi dua kali lipat. Nah ini menjadi keprihatinan bersama. Harapan kita sampah itu sudah habis di lokasi, habis di desa sehingga yang masuk di TPA itu harusnya limbah yang mudah terurai dan mudah dimusnahkan,” ungkap Widi.

Baca juga:  Komisi A Terima Audiensi Sengketa Tanah

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat di Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) menjelaskan pentingnya menyelesaikan persoalan sampah di lingkungan masing-masing. Sebab saat ini hanya mengandalkan TPA yang di Wonorejo, cepat atau lambat akan menumpuk over kapasitas.

“Caranya dengan tidak membawa sampah sampai ke TPA, tapi bisa habis atau selesai di lingkungan masing-masing. Kita akan mencoba bergerak ke sana, dengan menyelesaikan permasalahan sampah dari hulu sampai hilir,” ucapnya dalam pertemuan yang digelar di Reco Senin (21/2).

Bupati menegaskan, permasalahan sampah tersebut tidak akan selesai jika hanya mengandalkan salah satu instansi saja. Namun membutuhkan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak. Termasuk para relawan dan penggiat lingkungan yang ada. “Dan persoalan ini tidak akan pernah selesai tanpa adanya kesadaran dan perilaku yang baik dari semua elemen masyarakat terkait perlakuan sampah,” terangnya. (git/ton)

Baca juga:  Waspada, Banyak Makanan Berpengawet Beredar di Wonosobo

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya