alexametrics

Ribuan Vaksin AstraZeneca di Wonosobo Terancam Kedaluwarsa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Ribuan jenis vaksin AstraZeneca di Kabupaten Wonosobo nyaris memasuki masa kedaluwarsa. Dinas Kesehatan (Dinkes) mengejar target untuk menghabiskan stok tersebut.

“Di akhir bulan ini, vaksin jenis Astrazeneca masih tersisa 9.000 dosis,” ungkap Kepala Dinkes Wonosobo M Riyatno seusai menyelesaikan Rapat Koordinasi (Rakor) Satgas Covid 19 di Ruang Mangun Koesumo Kamis (17/2).

Ia menjelaskan, ribuan dosis vaksin tersebut sebagian sudah ada di puskesmas dan tempat faskes yang telah disediakan pemerintah daerah. Saat ini pihaknya akan terus meminta sejumlah jajaran di bawahnya agar menggunakan vaksin yang nyaris kedaluwarsa tersebut.

“Masih ada sisa 10 hari lagi kira-kira sampai masa expired (kedaluwarsa). Kita sudah minta ke seluruh puskesmas dan faskes untuk prioritaskan vaksin itu (Astrazeneca) terlebih dahulu,” terangnya.

Baca juga:  Wow! Kenalkan Potensi Lokal dengan Lagu-Lagu Didi Kempot

Dinkes meyakini ribuan vaksin tersebut akan habis sebelum masa kedaluwarsa datang. Sebab dari estimasi yang dilakukan, Dinkes mengeklaim jika setiap hari ada 3000 dosis vaksin yang disuntikkan ke warga.

“Masih ada dua minggu untuk menyerap ini. Jika estimasinya ada 3000 vakin yang bisa terserap setiap harinya, tak mencapai empat hari insyaAllah sudah bisa digunakan semua,” katanya.

Meski ribuan vaksin tersebut nyaris kedaluwarsa, Dinkes Wonosobo masih terus menerima ribuan vaksin baru dari pemerintah provinsi. Namun ia enggan jika harus menerima vaksin yang masa kedaluwarsanya sama dengan jenis Astrazeneca ini.

“Kalau kita disuruh menambah vaksin dengan masa expired yang sama ya tentu kita akan keberatan,” lanjutnya.

Baca juga:  Dua Sastra Lisan di Wonosobo Terancam Punah

Hingga 16 Februari lalu, pemberian vaksin di Kabupaten Wonsobo untuk dosis I sudah mencapai 84,57 persen. Sementara dosis II sudah di angka 57,99 persen dan dosis III baru mencapai 2,12 persen. (git/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya