alexametrics

Delapan Rumah di Kecamatan Wonosobo Terancam Longsor

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Sedikitnya delapan rumah di Kelurahan Sambeg, Kecamatan Wonosobo dalam kondisi mengkhawatirkan. Pasalnya, sebagian besar rumah tersebut berada di atas tebing yang masuk kategori rawan terhadap tanah longsor.

“Kita baru lakukan pengecekan dan assesment terlebih dahulu. Sebelum menentukan langkah apa yang akan kita ambil di proses selanjutnya,” terang Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo Bambang Triyono Rabu (16/2).

Dirinya menjelaskan, kondisi di lokasi tersebut memang mengkhawatirkan. Sebab sedikitnya delapan dari puluhan rumah dari tiga RT yang berada di kelurahan Sambeg itu sangat rentan terhadap risiko tanah longsor.

“Karena memang kondisi rumah yang terlalu mepet dengan tebing. Dan saat hujan itu menurut laporan dari warga tanah di tebing tersebut sering terkikis dan terjadi longsor kecil,” ujarnya.

Baca juga:  Ribuan Mata Air Menghilang.

Hingga saat ini penghuni delapan rumah tersebut belum diungsikan. Namun Bambang menilai, jika kondisi ini terus dibiarkan akan sangat berbahaya bagi warga yang tinggal di komplek tersebut.

Dirinya menyarankan bagi warga di sekitar lokasi untuk selalu berjaga-jaga. Utamanya apabila terjadi hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut melebihi dua jam. Ia menyarankan agar warga bisa berkumpul ke rumah warga yang relatif aman. “Sembari kita carikan jalan terbaik untuk mereka yang tinggal di sana. Sembari menunggu hal itu, warga saya minta untuk selalu waspada terlebih dahulu,” ungkapnya. (git/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya