alexametrics

Realisasi Penerimaan Pajak Kendaraan di Wonosobo Kurang Empat Persen dari Target

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB) di Kabupaten Wonosobo tahun 2021 mencapai Rp 76,34 miliar. Atau 95,95 persen dari target yang telah ditentukan. Namun, capaian ini masih kurang empat persen jika melihat dari target yang telah ditetapkan Rp 79,57 miliar.

Kepala Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Samsat Wonosobo Joko Raharjo menyampaikan, dampak pandemi Covid-19 juga dirasakan pada penerimaan pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Wonosobo. Sehingga dalam realisasi penerimaan pajak belum mencapai 100 persen dari target.

“Kemarin itu target kenaikannya 15 persen, sehingga karena adanya pandemi Covid-19 tidak mungkin targetnya naik 15 persen. Pertumbuhan ekonomi saja masih di bawah 5 persen. Namun saat pembahasan perubahan di DPRD, target kita tidak diturunkan,” ungkapnya, Rabu (2/2).

Baca juga:  Banyak Jalan Rusak, Dinas Terkait Masih Cuek

Lebih lanjut, dengan masih tingginya target yang ditentukan pada 2021, kemudian muncul capaian PKB di Jateng hanya 96 persen. Pasalnya target awal tidak diturunkan oleh DPRD, sehingga target pencapaian pajak di Jawa Tengah masih tinggi.

“Seharusnya target perubahan itu turun, karena kondisi ekonomi saat pandemi belum memungkinkan untuk ditingkatkan. Namun target kita masih tinggi. Karena dari seluruh Indonesia hanya kita yang tidak diturunkan targetnya,” jelasnya.

Kendati tidak mencapai 100 persen dari target, lanjutnya, penerimaan pajak kendaraan bermotor di Wonosobo masih tinggi. Menurutnya, penerimaan PKB di Wonosobo masuk 5 besar dari 37 UPPD se-Jawa Tengah. (git/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya