alexametrics

TNI Buka Rekrutmen dari Jalur Santri

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo—Tentara Nasional Indonesia (TNI) membuka pendaftaran calon prajurit dari jalur santri. Kodim 0707/Wonosobo telah menggelar sosialisasi rekrutmen di tiga pesantren. Yaitu di Ponpes Al Mubarok Manggisan, Ponpes Roudlotut Tholibin Jawar Mojotengah dan Ma’had  Ilmu Al Qur’an Al Hikam Tempelsari, Kalikajar.

Pasi Pers Kodim 0707/Wonosobo Letda Inf Dremo menyampaikan bahwa rekrutmen calon prajurit TNI-AD jalur santri dan lintas agama tersebut merupakan gagasan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

“Sosialisasi penerimaan Prajurit TNI-AD khusus sumber santri ini merupakan bagian dari spotting (pemilihan) dan kampanye kreatif rekrutmen Prajurit TNI AD Reguler santri dan lintas agama untuk Tamtama dan Bintara PK TA. 2022,” kata Dremo.

Baca juga:  Telaga Warna Mulai Bersolek Lagi

Syarat wajib untuk bisa masuk TNI jalur santri adalah mampu membaca Alquran dengan baik, hafal juz amma, mampu berpidato/kultum, mampu menjadi imam. Sedangkan syarat tambahan adalah memahami hadist minimal 3 hadist, dapat membaca dan menerjemahkan kitab kuning, mampu berbahasa arab, surat rekomendasi dari pengasuh atau pimpinan pondok.

Sementara itu, KH Nur Hidayat dari Ponpes Al Mubarok sangat mengapresiasi dan menyambut baik atas program tersebut. Menurutnya, TNI dulu berasal dari santri, jadi sudah seharusnya diadakan sosialisasi rekrutmen prajurit jalur santri.

“Semoga program semacam ini bisa dilanjutkan secara berkesinambungan sehingga anak-anak santri bisa mendapatkan informasi yang cukup dan selanjutnya bisa mendaftar menjadi anggota TNI-AD,” katanya. (rls/ton)

Baca juga:  Kodim 0707 Wonosobo Bagi Takjil dan Sayuran

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya