alexametrics

Pergeseran Pejabat Selesai Februari

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wonosobo, Triantoro sebut jika awal tahun ini masih terus membereskan sejumlah penyerderhanaan struktur ASN. Dalam waktu dekat ini pergesaran pejabat struktural ke fungsional khusus Eselon IV bakal diselesaikan.

“Kita targetkan pada Februari, semuanya sudah bisa kita selesaikan. Insyaallah,” terang Triantoro Minggu (17/1).

Ia menyebut, sebenarnya BKD tinggal menunggu keputusan dari pemerintah pusat. Sebab dalam ketentuan awal penyerderhanaan strukrur birokrasi itu hanya diperuntukkan bagi DPMPTSP. Namun dari pusat sudah ada keputusan jika penyederhanaan bakal dilakukan bagi eselon IV. “Itupun tidak semua. Di bawah sekretaris dinas, sekretaris badan, itu eselon IV-nya masih. Tapi kalau yang sudah masuk lini operasional bakal kena pangkas,” katanya.

Baca juga:  Ketahuan, Uang Palsu Rp 1,5 Juta Dibakar

Khusus di Kabupaten Wonosobo, mekanisme penyederhanaan jabatan yang dilakukan. Sedikitnya ada 160 eselon IV akan bergeser dari jabatan struktural ke fungsional. “Dari 160 yang akan bergeser, kemarin kita baru bisa melakukan pada 86 ASN yang telah dilantik. Sisanya ini kita masih menunggu pihak kementerian untuk melakukan penyelarasan-penyelarasan,” ujarnya.

Meski kebijakan ini adalah murni keputusan dari pemerintah pusat, pihaknya tak memungkiri jika masih ada ASN yang cukup kaget dengan penyelarasan yang akan dilakukan kepadanya. Banyak ASN yang bertanya mengenai nasib mereka setelah masuk menjadi pejabat fungsional.

“Misalnya tentang masalah kenaikan pangkat. Tentu ini masalah yang cukup sensitif. Tapi kita perlu jelaskan pada mereka jika bahwa itu masih akan ada,” lanjutnya.

Baca juga:  MPP Kota Magelang Punya 300 Jenis Layanan

Malah, menurutnya, saat pergesaran itu dilakukan, sejumlah ASN sudah dibekali angka kredit. Ini akan memudahkan mereka mengajukan kenaikan pangkat di kemudian hari. (git/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya