alexametrics

Warga Jakarta Kepergok Curi Baterai Tower Smartfren di Wonosobo

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Jajaran Satreskrim Polres Wonosobo membekuk dua pelaku pencurian baterai tower milik PT Smartfren Tellcom. Saat ditangkap, keduanya terbukti kedapatan tengah membawa baterai tersebut.

Wakapolres Wonosobo Kompol Ari Imam Prasetyo mengatakan, peristiwa pencurian terjadi pada Selasa, 12 Desember 2021 lalu sekitar pukul 20.16 malam. Pelaku adalah MM, 33, warga Tanjungpriok, Kota Jakarta Utara dan DP, 30, warga Cilincing, Jakarta Utara.

Modusnya para pelaku adalah dengan mencari tower sinyal yang keberadaannya jauh dari permukiman atau sepi. Kemudian para pelaku mengambil baterai accu yang tersimpan di brangkas penyimpanan dengan cara merusak pintu pagar dan merusak tempat penyimpanan baterai accu. Sasaran mereka kali ini adalah Tower Smartfren Tellcom di Desa Kalierang, Kecamatan Selomerto.

Baca juga:  Tolak Omnibus Law, Buruh Datangi Gedung DPRD

Pelapor merupakan karyawan sedang bertugas sebagai teknisi tower. Ia mendapatkan pesan lewat SMS alarm dari help desk aplikasi keamanan tower berupa tulisan ‘battery stolen’. “Indikasi telah terjadi aktifitas atau kerusakan pada battery tower tersebut,” ungkapnya saat gelar perkara di Mapolres Wonosobo Minggu (9/1).

Pelapor yang kebetulan tempat tinggalnya berdekatan dengan lokasi kejadian, lanjutnya, langsung mengecek ke lokasi tower. Sesampainya di dekat tower, pelapor melihat ada sebuah mobil berwarna putih di lokasi kejadian.

Saat melihat ke arah boks tempat baterai, ternyata sudah terbuka. Selang beberapa menit mobil berwana putih tersebut langsung meninggalkan lokasi. “Sebanyak 2 unit baterai yang ada sudah tidak ada atau hilang dicuri,” bebernya.

Baca juga:  Pedagang Mandala Wisata Tak Terima Kanopi Dibongkar

Pelapor merasa curiga dengan keberadaan mobil putih yang terparkir di lokasi kejadian. Ia langsung mengejar dan menghubungi petugas kepolisian. Pelapor saat itu membuntuti laju kendaraan yang menuju arah kota. Kemudian mobil berhasil dihentikan oleh petugas kepolisian yang berjaga di Pos Pengamanan Natal Plaza.

Saat dicek oleh petugas kepolisian, lanjutnya, ternyata didapati ada dua orang laki-laki beserta dua baterai merk ZTE zxdc 48 milik PT Smartfren Tellcom yang telah berhasil dicuri. Para pelaku kemudian diamankan untuk penyelidikan lebih lanjut. “Kedua pelaku diduga telah pencurian dengan pemberatan sehingga melanggar Pasal 363 KUHP, dengan hukuman penjara selama-lamanya 9 tahun,” jelasnya. (git/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya