alexametrics

Ikut Pikirkan Lokasi Jualan PKL

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonosobo menertibkan sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di kompleks wisata Tuk Bimolukar Rabu (5/1). Penertiban itu dilakukan lantaran para PKL menjajakan lapak di tempat yang telah dilarang.

“Ini kita menindaklanjuti laporan dari Disparbud agar melakukan inspeksi dan penertiban para pedagang yang menjajakan lapaknya di sekitar area parkir Tuk Bimolukar,” terang Kepala Satpol PP Kabupaten Wonosobo Sumekto Hendro K.

Ia menjelaskan, area yang selama ini digunakan sebagai tempat lapak para PKL itu dilarang untuk membuka jenis usaha. Sebab area tersebut telah digunakan sebagai lahan parkir para pengunjung yang hendak singgah di Tuk Bimolukar.

Baca juga:  Grebeg Suran Wujud Syukur Lintas Agama

Meski para PKL bersedia pindah, katanya, tugas Satpol PP tidak hanya selesai sampai di titik itu saja. Pihaknya juga akan ikut memikirkan lokasi baru yang akan digunakan PKL agar tetap bisa menjajakan dagangannya. “Jadi tugas kita untuk menertibkan. Tapi juga harus ada solusi setelah penertiban itu dilakukan,” katanya.

Maka untuk menjembatani hal tersebut, Satpol PP telah melakukan koordinasi dengan kepala Desa Dieng Wetan. Diharapkan kades ikut memikirkan bagaimana PKL ini agar tetap bisa berjualan tanpa melanggar aturan yang telah ditetapkan.

“Rencana penampungannya dari pihak desa sudah beri jalan keluar. Nanti akan kita musyawarahkan dengan Dinas Pariwisata terkait penampungan mereka,” ungkapnya.

Baca juga:  Tegur Pengunjung Pasar Hewan Sapuran yang Tak Bermasker

Sejak dilantik beberapa bulan yang lalu, Sumekto memang berjanji untuk menempatkan anggota lebih humanis saat melakukan penertiban. Ia enggan jika harus terus memasang wajah angker di depan masyarakat.

“Kalau ada yang salah, mari kita dialog bersama, kita cari jalan keluarnya bareng. Karena kita sama-sama hidup di jalan. Memanusiakan manusia itu penting,” tandasnya. (git/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya