alexametrics

Pemkab Wonosobo Inginkan MPP di Terminal Mendolo

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Pemkab Wonosobo kian serius mengupayakan terwujudnya Mal Pelayanan Publik (MPP). Tempat ini diproyeksikan menjadi sentra beragam jenis layanan dalam satu atap. Diharapkan pada awal 2022, MPP bisa mulai dijalankan.

Demi mengakselerasi upaya tersebut, Wakil Bupati Wonosobo M Albar bersama kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) serta sejumlah pejabat terkait lainnya, mengunjungi Kabupaten Gunungkidul beberapa waktu lalu. Dari kunjungan tersebut, sejumlah pengalaman berharga diperoleh.

Di antaranya terkait terbukanya peluang kerjasama penggunaan gedung dengan pihak Kementerian Perhubungan, mengingat MPP milik Pemkab Gunungkidul memang berlokasi di kawasan Terminal Induk Dhaksinarga Wonosari.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Wonosobo Eko Suryantoro menyatakan, pelayanan MPP ternyata tidak harus kemudian memiliki atau membangun gedung sendiri. Tapi bisa bekerjasama dengan kementerian terkait yang punya fasilitas di daerah dan tidak dimanfaatkan. Contohnya di Gunungkidul.

Baca juga:  Pastikan Dua Sekolah Siap Tatap Muka

“Pihak Kementerian Perhubungan menyediakan gedungnya, dan membantu upaya renovasi sehingga menjadi tempat yang representatif sebagai tempat melayani sejumlah kebutuhan masyarakat,” lanjutnya.

Skema tersebut, menurut Eko, akan diimplementasikan pula di Wonosobo. Karena saat ini ada sejumlah ruangan di Terminal Mendolo yang dapat dimanfaatkan untuk MPP. Sebagai embrio MPP, pihaknya akan memanfaatkan Gedung Korpri untuk Gerai Pelayanan Publik (GPP), mulai medio Januari 2022 mendatang.

Sementara Albar juga mengakui bahwa hasil kerjasama pemkab dengan Kementerian Perhubungan RI menunjukkan bukti bahwa kolaborasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat bisa dilakukan.

“Di Kabupaten Gunungkidul, yang dimanfaatkan adalah salah satu bagian gedung di kawasan terminal, demikian pula di Wonosobo nantinya juga akan memanfaatkan terminal tipe A Mendolo dengan skema kerjasama serupa,” ungkap Albar.

Baca juga:  Tetap Survive, Harus Cepat Beradaptasi

Sejauh ini, perkembangan menuju MPP terus menunjukkan kemajuan, diawali dengan Gerai Pelayanan Publik yang akan menggunakan Gedung Korpri Wonosobo.

“Kalau tidak ada perubahan, sebanyak 6 OPD, meliputi DPUPR, DPMPTSP, DKK, Disdukcapil, BPPKAD, dan Dispartabud akan bergabung dalam satu pintu layanan di gerai pelayanan publik yang direncanakan peresmiannya pada awal Januari 2022 mendatang,” jelasnya. (git/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya