alexametrics

Capaian PBB Wonosobo Rp 24,5 Miliar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar sebut capaian perolehan pajak bumi bangunan (PBB) tahun 2021 mencapai Rp 24,5 miliar. Dari total yang diperoleh itu, setidaknya 47 persen akan masuk ke kas daerah untuk menjadi  pendapatan asli daerah (PAD).

“Persentase 47 persen itu cukup besar. Tentu hasil ini akan mampu mengangkat laju perekonomian Kabupaten Wonosobo,” terangnya dalam acara penyerahan penghargaan bagi PBB lunas awal di Pendopo Kabupaten,  Kamis (16/12).

Perolehan angka Rp 24,5 miliar bukan hal mudah. Sebab saat ini sebagian daerah masih harus berjibaku melawan situasi pandemi. Banyak sektor, utamanya di bidang ekonomi yang melemah.

Lebih lanjut, Albar juga berpesan untuk melakukan pembayaran PBB secara tepat waktu. Diakuinya, masing-masing OPD sebagai teladan diharapkan terus mengedukasi masyarakat sehingga dapat mendorong sektor pembangunan di Wonosobo guna mengoptimalkan mutu pelayanan publik.

Baca juga:  Desa Mojosari Unggulkan Produk Kambing Etawa

“Masyarakat kita belum memahami bahwa diperlukan kemandirian PAD bagi pembangunan daerah karena BPK turut memantau setiap 3 bulan sekali. Kita harus tertib administrasi,” tambahnya.

Terhadap capaian PBB lunas awal, Pemkab Wonosobo memberikan penghargaan dan hadiah lunas awal PBB-P2 kepada OPD baik tingkat kecamatan maupun desa dengan berbagai kriteria. Hadiah untuk kecamatan lunas pelaksanaan 90 persen diberikan kepada Kecamatan Garung, Kejajar, Sukoharjo, Leksono, Kalibawang, serta Kaliwiro. Sementara hadiah untuk kelurahan yang lunas 100 persen per 1 Maret 2021 terdapat 12 desa.

Penghargaan juga diberikan untuk kategori desa lunas 100 persen sampai dengan Agustus 2021, diberi masing-masing Rp 100 juta. Kategori 6 kecamatan lunas 100 persen tercepat, serta kategori 3 desa lunas 100 persen sebelum tempo dan wajib pajak sebanyak 30 orang. (git/lis)

Baca juga:  Pilih Pemimpin yang Mumpuni

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya