alexametrics

Cerdas Kelola Sampah, Wonosobo Raih Smart Environment Award

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Kabupaten Wonosobo meraih Smart Environment Award dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilan mengelola sampah secara cerdas di Desa Kalimendong, Kecamatan Leksono.

Smart Environment Award adalah penghargaan yang menjadi salah satu kategori dalam program gerakan menuju Smart City, program pemerintah pusat untuk 100 kota/kabupaten se-Indonesia.

Inovasi pengelolaan limbah rumah tangga di Desa Kalimendong mampu mengurangi volume sampah secara drastis, hingga tak perlu dibuang ke TPA. Wakil Bupati Muhammad Albar menerima piagam penghargaan Smart Environment, langsung dari Menteri Kominfo Kominfo RI Johny G Plate, di ICE BSD City Tangerang Banten, Selasa (14/12). Ia mengaku bersyukur dan bangga atas pencapaian prestisius tersebut.

Baca juga:  Perbaikan Jalan di Wonosobo Butuh Enam Tahun

Wabup Albar mengakui keberhasilan implementasi program Smart Environment di Desa Kalimendong merupakan buah dari sinergi kolaboratif banyak elemen. “Smart Environment Award ini satu bentuk penghargaan yang layak kita syukuri dan banggakan bersama. Mengingat banyak elemen yang terlibat secara sinergis dan kolaboratif dalam bingkai program Wonosobo Kota Cerdas. Seperti jajaran perangkat dan warga Desa Kalimendong, Kecamatan Leksono, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kominfo,” ungkap Albar.

Ia berharap kolaborasi serupa bisa dilakukan untuk mendorong desa-desa lain di Kabupaten Wonosobo agar menerapkan pengelolaan sampah secara lebih inovatif. “Sesuai dengan tujuan program Smart City, yaitu untuk mendorong setiap daerah memiliki inovasi dan mampu membangun pola pikir, sikap serta karakter masyarakat menjadi lebih baik,” tandasnya.

Baca juga:  Tak Bisa Nyoblos Langsung, Begini Cara Pasien Covid Menyalurkan Hak Pilihnya

Pelaksana Tugas Kadiskominfo Retno Eko SN menambahkan penghargaan pada dimensi Smart Environment yang diraih saat ini merupakan tahun ke 2 setelah Kabupaten Wonosobo masuk dalam 100 kota menuju smart city tahun 2019. Diharapkan mampu mendorong pemerintah daerah dan masyarakat untuk lebih inovatif pada dimensi-dimensi smart city. Yaitu smart government, smart society, smart living, smart economy dan smart branding.

“Penghargaan Smart Environment ini, ke depan akan menjadi pemicu untuk kita semua lebih berinovasi lagi dalam bidang smart yang lainnya. Dan secara khusus Smart Environment Award akan menjadikan Kalimendong sebagai project percontohan bagi desa-desa yang lain dalam pengelolaan sampah dengan prinsip seluruh sampah habis di desa,” pungkasnya. (*/lis)

Baca juga:  Kipin Dukung Belajar Siswa

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya