alexametrics

Sentra Dombos Diharapkan Mampu Melestarikan Domba Asli Wonosobo

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Desa Sentra Dombos dan Omah Galeri Mbek resmi diluncurkan oleh Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar Kamis (11/11/2021).

Keberadaan Desa Sentra Dombos ini diharapkan mampu melestarikan domba wonosobo atau dombos sebagai sumber daya genetik hewan (SDGH) Kabupaten Wonosobo.

Albar meminta agar dombos tidak sembarangan dijual ke luar Wonosobo. dombos saat ini diminati oleh banyak pihak, padahal jumlah dombos dianggap belum banyak. Maka melestarikan dombos harus menjadi perhatian serius seluruh peternak dombos di Wonosobo.

Dombos merupakan spesies domba genetik Wonosobo. Domba hasil persilangan antara jenis texel dan lokal ini mendapat nama setelah diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2006 silam. “Jangan mudah tergiur harga mahal yang akhirnya mengorbankan nilai terbaik dari dombos untuk jangka panjang,” ujarnya saat memberikan sambutan pada peluncuran Desa Sentra Dombos di Desa Butuh Kecamatan Kalikajar Kamis (11/11).

Baca juga:  Rumah Warga Muktiharjo Terbakar, Warga Sempat Panik karena Dengar Empat Kali Ledakan

Selain peluncuran Desa Sentra Dombos, juga diresmikan Omah Galeri Mbek. Mbek bukan sekedar bermakna suara domba. Mbek merupakan singkatan dari Mbangun Bersama Ekonomi Kreatif. Di dalam omah galeri dijual hasil olahan bulu dombos dan berbagai hasil karya masyarakat Desa Butuh. (git/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya