alexametrics

Dua Siswi SMAN 2 Wonosobo Sulap Limbah Biji Carica Jadi Mi Sehat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Sebagian besar pengusaha carica membuang biji buah tersebut. Karena dianggap limbah. Namun di tangan dua siswi SMAN 2 Wonosobo ini, limbah biji carica disulap menjadi makanan sehat.

Healthy Carica Mie adalah produk mi instan yang diciptakan Deswieta Wahyuningtias dan Adelia Yusuf Ardani. Keduanya memanfaatkan biji buah carica, untuk membuat mi instan. “Biji carica adalah produk samping dalam pengolahan industri manisan carica yang dibuang begitu saja di Wonosobo,” terang Humas SMAN 2 Wonosobo Yuliarti.

Ia menjelaskan hingga saat ini biji carica belum ada yang memanfaatkannya. Baik oleh petani di sekitar Dieng maupun para pengusaha home industry carica itu. Sehingga banyak yang dibuang begitu saja setelah buah carica diambil dagingnya. “Ternyata biji carica mengandung  flavonoid dan tanin yang mempunyai beragam manfaat untuk tubuh. Seperti mengurangi risiko kanker, hipertensi, dan diabetes,” terangnya.

Baca juga:  Kemenag Wonosobo Bagikan 17 Ton Beras

Adelia Yusuf Ardani membuat mi instan sehat ini berangkat dari rasa penasarannya terhadap buah carica. Setelah diteliti, memang kandungan dari dalam biji tersebut cukup bermanfaat bagi manusia. Flavonoid yang terkandung dalam biji carica juga bermanfaat sebagai antibakteri dari bakteri penyebab kasus diare. Tanin juga banyak digunakan sebagai obat antidiare dan mengobati wasir.

“Selain itu biji carica juga dapat meningkatkan sistem imun. Dengan alasan itu terciptalah ide untuk mengolah menjadi paduan makanan sehat,” terang Adel kepada wartawan Jawa Pos Radar Magelang.

Cara produksinya, dengan memadukan tepung terigu dengan biji carica. Mi adalah makanan yang digemari semua kalangan. Inovasi mi dengan komposisi bahan dasar tepung terigu dan biji carica dipilih untuk menciptakan mi sehat yang bisa bersaing dengan brand mi lainnya di tingkat nasional.

Baca juga:  Gaungkan Program ASN Mengaji 10 Menit Sebelum Kerja

Nama Healthy Carica Mie atau Hycamie dipilih untuk memopulerkan produk ini. Hycamie memiliki kandungan karbohidrat, protein, serat, vitamin A, vitamin C, fosfor dan kalsium.  (git/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya