alexametrics

Beringin Tua Tumbang Timpa Garasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Sebuah pohon beringin tua tumbang menimpa garasi mobil milik Waliyono, warga Dusun Nguwok RT 02, RW 15 Desa Bowongso Kecamatan Kalikajar Selasa (9/11/2021).

Diduga pohon yang tumbang tersebut dalam kondisi rapuh dan tak kuat menahan air hujan. Tak ada korban jiwa, hanya pemilik garasi mengaku rugi hingga puluhan juta rupiah.

“Jadi masyarakat memperkirakan jika pohon beringin ini telah berusia lebih dari 100 tahun,” terang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Wonosobo Bambang Triyono.

Beringin tua itu tumbang sekitar pukul 07.00. Di dalam garasi terdapat mobil pikap dengan nomor polisi AB 1374 IN. Kerusakan akibat kejadian ini diperkirakan senilai Rp 40 juta.

Baca juga:  Dua Pilkades di Wonosobo Berpotensi Konflik

Bambang memperkirakan penyebab tumbangnya pohon tua itu karena adanya pelapukan pada batang maupun rantingnya dan karena selama berhari-hari terguyur hujan. Sehingga beban dari pohon tersebut menjadi tambah berat.

Diketahui, kondisi cuaca di seluruh Kabupaten Wonosobo saat ini masih rawan dengan angin kencang maupun hujan dalam intensitas sedang dan tinggi. Bambang mengaku terus menyiagakan jajaran BPBD serta berkoordinasi dengan unsur relawan siaga bencana maupun pihak-pihak lain terkait.

“Langkah antisipatif terus kami kedepankan demi mengurangi dampak dari kejadian bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi,” tandasnya.

Kepada warga masyarakat, Bambang juga mengaku terus menyampaikan pesan dan imbauan melalui berbagai media. Agar senantiasa waspada dengan situasi dan kondisi di lingkungan masing-masing. Yakni dengan mengenali sedini mungkin potensi-potensi bencana al yang akan terjadi. (git/ton)

Baca juga:  Desa Sumberdalem Bentuk PPID

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya