alexametrics

12 ASN Berebut Tiga Kursi OPD Pemkab Wonosobo

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Sedikitnya 12 ASN bakal memperebutkan kursi tiga dinas yang hingga saat ini masih kosong. Dalam tiga hari ini, 12 ASN itu bakal mengikuti tahapan uji kompetensi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wonosobo, Triantoro menjelaskan saat ini 12 ASN dinyatakan lolos itu telah masuk tahap uji gagasan tertulis pada 11 Oktober lalu. Kemudian tahap assessment atau uji kompetensi melalui penggalian potensi seleksi terbuka dan kompetitif pada 13 – 15 Oktober. Hasilnya diumumkan pada 19 Oktober.

“Kedua belas ASN tersebut akan bersaing untuk mengisi tiga OPD. Meliputi Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan, dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga,” katanya di sela sela pelaksanaan uji kompetensi di Hotel Crystal Lotus Jogjakarta, Kamis (14/10/2021).

Baca juga:  Pastikan Dua Sekolah Siap Tatap Muka

Dalam tahapan ini, Tri menyebut semua proses yang dilakukan untuk mengejar kualitas layanan kepada masyarakat. Sebab ketiga dinas tersebut masih diisi pelaksana tugas (plt).

“Saya tegaskan bahwa keseluruhan tahap seleksi tersebut tidak dikenakan biaya dan pungutan dalam bentuk apapun. Dan seluruh tahapan dilakukan oleh panitia seleksi secara terbuka dan transparan, dan difasiltasi oleh PPKDK LPPM UNS,”ujarnya.

Saat membuka uji kompetensi Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat  mengingatkan jika pada proses seleksi yang berlangsung dalam tiga hari itu terbuka. Artinya, pihaknya hanya akan mencari pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II) yang mampu tugas dan fungsi barunya dengan sebaik-baiknya. Profesional, penuh dedikasi serta amanah dan dapat dipertanggungjawabkan.

Baca juga:  Wonosobo Bakal Gelar Pembelajaran Tatap Muka Sepekan Lagi

Pasalnya dalam UU telah diatur prinsip seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi adalah penerapan transparansi, objektif, kompetitif, akuntabel. Menghindari praktik yang dilarang dalam sistem merit. Oleh karena itu, seleksi ini telah didasarkan pada kompetensi para peserta, dalam setiap bidang yang akan ditempati.

Bupati juga menekankan sudah bukan zamannya lobi-lobi untuk memperoleh sebuah jabatan. Akan tetapi tunjukkan saja kerja yang baik dan profesional serta dedikasi.  “Jika di awal prosesnya baik, insya Allah ke depan akan baik pula. Tetapi jika di awal prosesnya tidak baik maka tidak baik pula pada akhirnya,” pungkasnya. (git/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya