alexametrics

Prospek Menjanjikan Beternak Domba Wonosobo

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Usaha peternakan Domba Wonosobo (Dombos) saat ini banyak dikembangkan masyarakat. Pasalnya, hasil usaha dari pengembangan peternakan satu ini dianggap menjanjikan.

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Wonosobo Agus Wibowo menjelaskan, usaha perternakan Dombos di kota dingin ini tengah naik daun. Pasalnya, per satu ekor kambing jantan dewasa harganya bisa mencapai jutaan rupiah. “Saya sendiri sekarang tengah mengembangkan peternakan kambing Dombos ini sejak setahun yang lalu. Karena memang domba ini menjadi salah satu jenis unggulan,” terangnya seusai memperlihatkan puluhan kambing di kandang miliknya yang berada di Jlegong, Kelurahan Wonosobo itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Wonosobo ini mengaku asyik menjadi peternak saat ini. Bahkan di kandang miliknya sekarang telah ada 100 ekor dombos. “Ke depan akan saya tambah lagi. Sekarang kita masih menyiapkan kandang barunya lagi,” terang mantan direktur utama Tambi ini.

Baca juga:  Begini Kronologi Kecelakaan Maut di Kertek yang Menewaskan Empat Orang

Selain fokus dalam penggemukan, ia juga ingin melakukan pengembangan pada pembesaran. Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan sejumlah indukan yang bagus agar anak yang dihasilkan juga baik.

Di Kabupaten Wonosobo, menurutnya, saat ini peternak Dombos juga sudah cukup banyak. Bahkan di beberapa tempat menurutnya memang sudah terkenal sebagai penghasil Domba. “Di kampung Bomerto, Wonosobo malah sudah ada yang menjadikan bulu wolnya untuk kerajinan usaha. Kan jadi ada profit tambahan dari sektor ini,” ungkapnya.

Dirinya berharap jika jenis usaha peternakan Dombos ini ke depan bisa lebih berkembang. Sehingga bisa ikut memaksimalkan potensi Wonosobo yang terkenal penghasil pertanian yang melimpah serta bisa memberi keuntungan lebih pada masyarakat di Wonosobo. (git/ton)

Baca juga:  Ubah Bulu Domba jadi Produk Fashion

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya