alexametrics


Anggaran Minim, Tetap Genjot Perbaikan Jalan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Pemkab Wonosobo terus berupaya untuk melakukan perbaikan infrakstruktur jalan di tengah minimnya anggaran. Mengingat saat ini banyak anggaran yang di-refocusing untuk penanganan Covid-19. Jalan strategis yang mengalami kerusakan menjadi prioritas perbaikan. Seperti halnya jalan poros penghubung kecamatan.

“Setiap tahun kami seoptimal mungkin melakukan perbaikan jalan. Tergantung kemampuan anggaran. Tahun ini hanya ada anggaran sekitar Rp 88 miliar untuk perbaikan jalan setelah dilakukan refocusing,” jelas Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Wonosobo Aris Ika.

Menurutnya untuk anggaran Rp 88 miliar tersebut dibagi untuk
pemeliharaan jalan, jembatan, pemeliharaan berkala dan peningkatan jalan. Kata dia, saat ini untuk perbaikan jalan berupa tambal sulam aspal hampir merata di semua kecamatan. Dengan dana yang terbatas tersebut, phaknya juga menampung berbagai aspirasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) maupun masyarakat, melalui musrenbang terkait perbaikan jalan.

Ia berharap tahun depan, anggaran untuk perbaikan jalan bisa ditambah dibandingkan tahun ini. Sesuai dengan program bupati baru, yakni tentang percepatan pembangunan infrakstruktur jalan. “Harus kita akui dengan adanya Covid-19 perbaikan jalan memang menurun drastis. Mudahan-mudahan untuk pembangunan jalan bisa dianggarkan lebih, tahun depan” katanya.

Apalagi dengan curah hujan yang cukup tinggi, jalan di Kabupaten Wonosobo juga lebih rawan rusak. Sehingga diperlukan juga perawatan rutin yang tentu memerlukan biaya lebih.

“Tahun 2022 bupati baru, secara teknis bisa memprogramkan. Mudah-mudahan dalam masa pemerintahan beliau selama 3,5 tahun, akses jalan bisa bagus dengan anggaran yang jauh lebih besar,” harap Aris. (man/lis)

 

 

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya