alexametrics

Butuh Inovasi Pengeloaan Sampah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo soroti masih banyaknya sampah yang tak terkelola dengan baik. Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat meminta jajarannya untuk segera melakukan inovasi untuk mengatasi masalah sampah.

“Kami tekankan kepada DLH agar bekerjasama dengan stakeholder lainya, untuk membuat terobosan dan inovasi dalam penanganan dan pengelolaan sampah. Agar tidak semakin menumpuk, serta untuk antisipasi ke depan agar jangan sampai ada permasalahan yang timbul akibat dampak sampah tersebut,” tegas Afif saat menjadi pembina apel karyawan di kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) baru-baru ini.

Saat ini volume sampah yang dihasilkan maysarakat terus meningkat. Tidak mustahil akan terjadi penumpukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang luasnya terbatas. Sehingga lahan yang dimiliki sudah tidak memadahi lagi.

Baca juga:  Forki Wonosobo Siapkan Muscablub

Di satu sisi Afif juga masih menyoroti rendahnya kesadaran masyarakat dalam memperlakukan sampah. Oleh karena itu selain terobosan dan inovasi, yang sangat dibutuhkan saat ini adalah adanya peningkatan kesadaran kepada seluruh masyarakat. Salah satunya dengan memberikan edukasi kepada pelajar dan anak-anak mengenai tata kelola sampah secara dini. Dengan upaya ini diharapkan bisa menghindari semua hal buruk yang timbul akibat kebiasaan dan tata cara yang tidak baik. “Kami memberikan apresiasi kepada masyarakat, terutama Ibu-ibu, yang bisa memilah sampah organik dan anorganik, ada bank sampah dan daur ulang juga. Saya rasa hal ini perlu d tularkan kepada masyarakat yang lain, sehingga peran mereka akan membantu menekan laju volume sampah yang semakin luar biasa ini,” jelasnya. (git/ton)

Baca juga:  Food Estate, Jamin Harga Stabil

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya