alexametrics

Desa Sumberdalem Bentuk PPID

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Pemerintah Desa Sumberdalem Kecamatan Kertek menunjukkan komitmen serius dalam upaya menghadapi era transparansi digital dan keterbukaan informasi publik. Hal tersebut ditunjukkan dengan inisiatif Pemdes membentuk struktur organisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Selasa (29/6/2021).

Kepala Desa Sumberdalem Widayanto mengungkapkan, di masa depan, transparansi digital akan dijalani lebih adaptif setelah terbentuknya struktur organisasi tersebut. Jajaran PPID Desa Sumberdalem diminta untuk secepatnya mengisi website resmi desa, terutama dengan jenis-jenis informasi yang telah diatur dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi No 14 Tahun 2008. “Tentu saja dengan telah terbentuknya struktur PPID ini, kami berupaya agar ke depan Pemdes Sumberdalem akan lebih aktif dan responsif dalam ekspose informasi-informasi yang diperlukan warga masyarakat. Khususnya melalui pemanfaatan teknologi informasi,” tutur Widayanto.

Baca juga:  Sejumlah Pedagang Setuju Skema Pemerintah

Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik, Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo Priyo Cahyono mengatakan, pembentukan PPID merupakan amanat Undang-Undang yang sifatnya wajib dipenuhi. “Desa di era keterbukaan informasi seperti saat ini dituntut untuk dapat memberikan layanan informasi kepada warga masyarakat secara transparan, namun juga tetap harus berhati-hati karena ada pula jenis-jenis informasi yang dapat dikecualikan,” terang Priyo.

Dengan telah memiliki struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi terkait transparansi publik itu dinilainya akan lebih terarah. Diakui Priyo, kesadaran dan inisiatif desa untuk membentuk PPID juga bakal memudahkan pemerintah desa saat harus berhadapan dengan permasalahan atau sengketa informasi. (git/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya