alexametrics

Latih Pengelola Homestay Agar Bernilai Jual

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Untuk meningkatkan pelayanan dan sumber daya manusia pengelola homestay, sejumlah pelaku wisata di Wonosobo mengikuti pelatihan selama tiga hari.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo mengatakan, pelatihan dimulai Senin (21/6/2021) hingga Rabu (23/6/2021). Secara spesifik mengarah pada para pemilik homestay di Kabupaten Wonosobo.

“Kita bekali para pemilik ini agar mereka tidak sekadar memiliki tapi juga tahu bagaiamana cara memenej homestay dengan baik,” terangnya.

Terlebih keberadaan homestay sebagai salah satu amenitas pariwisata di Kabupaten Wonosobo perlu dikelola dan dirancang sesuai karakter wilayah yang khas, masyarakat, pasar, serta berbagai komponen pendukung.

“Pengelolaan ini sangat kompleks dengan mekanisme yang melibatkan berbagai sektor,”ujarnya. Oleh karena itu, lanjut dia, pengelolaan homestay perlu ditata ulang agar mampu bersinergi dengan potensi lokal sekitarnya, keberadaan daya tarik wisata yang ada. Serta mampu memberikan nilai lebih kepada destinasi. Bahkan homestay bisa menjadi produk wisata yang mempunyai nilai jual tinggi.

Baca juga:  Begini Kronologi Kecelakaan Maut di Turunan Kertek Wonosobo yang Menewaskan Tiga Orang

Lebih lanjut dikatakan penanganan homestay di Wonosobo banyak membutuhkan keahlian dan keterlibatan perseorangan dan kelompok. Yang mencakup perencanaan, pengembangan, marketing, termasuk menciptakan destinasi sebagai salah satu produk wisata andalan.

Menurutnya, partisipasi, komitmen, tanggung jawab dan rasa memiliki merupakan kunci untuk membangun sinergi dan integrasi stake holder. Menuju satu tujuan melalui optimalisasi peningkatan peran dan fungsi untuk mencapai kesuksesan pengelolaan homestay.

“Melalui pelatihan ini kami berharap bisa mewujudkan homestay sebagai produk wisata andalan di desa atau kampung wisata,”ujarnya.

Selain itu, terbangunnya kemampuan berimbang untuk mengembangkan tata kelola dan pengembangan homestay dalam upayanya meningkatkan okupansi, lama tinggal, dan pembelanjaan di dalam dan luar homestay. Serta membawa kesejahteraan untuk pengusaha homestay maupun masyarakat sekitar. (git/lis)

Baca juga:  Disperkimhub Wonosobo Perkuat Edukasi Penerbangan Udara

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya