alexametrics


Romadhon Bobol Toko saat Idul Fitri

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Seorang pencuri spesialis toko, Romadhon, 43, warga Lemiring Mojosari Mojotengah Wonosobo berhasil dibekuk jajaran Satreskrim Polres Wonosobo. Pelaku berhasil menggasak dua laptop dan 10 slop rokok berbagai merk di Toserba Harumanis di Kecamatan Kertek Wonosobo.

Kapolsek Kertek AKP Sutopo menjelaskan, pencurian itu dilakukan 13 Mei 2021 lalu, sekitar pukul 07.00 WIB. Dengan memanfaatkan momentum hari raya Idul Fitri, pelaku membobol warung kelontong milik Mahmud Salim, 58, warga Nongkosari, Kertek yang tengah melaksanakan ibadah salat Id bersama keluarganya.

Aksi pencurian tersebut dilakukan oleh dua orang pelaku. Romadhon bertindak sebagai pembobol warung. Sementara satu pelaku lainnya, Sholeh, bertugas menjadi pemantau keadaan. “Namun satu pelaku yang bernama Sholeh ini masih menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) hingga saat ini,” katanya saat gelar perkara di Polres Wonosobo Senin (21/6).

Tercatat Romadhon sudah beraksi sebanyak tiga kali. Dalam aksi kali ini ia menggunakan linggis dan mencongkel pintu toko. Setelah pintu berhasil terbuka, pelaku lalu menggondol barang dagangan berupa rokok, uang tunai sejumlah Rp 4,5 juta dan dua buah laptop pemilik toko.

Setelah berhasil menggondol barang curian, kedua pelaku pergi ke arah Mojotengah untuk menjual barang dagangnya. Romadhon mengaku uang hasil curiannya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan Lebaran keluarganya.

Sehari sebelumnya, keduanya sudah merencanakan aksi pencurian. Sholeh berusaha mempersiapkan alat dengan membeli sebuah linggis kecil di sebuah toko bangunan. Linggis ini digunakan untuk mencongkel pintu rumah atau toko yang akan dicuri.

Ditambahkan Kabag Humas Polres Wonosobo AKP Edy Vico Bey, malam itu juga dengan mengendarai motor Honda Beat, kedua pelaku mencari sasaran hingga wilayah Selomerto. Linggis sebagai alat mencuri ditaruh di bagasi motor. “Perburuan sasaran di Selomerto ternyata zonk. Tidak ada obyek pencurian yang tepat dan dipandang aman. Petualangan pun dilanjutkan hingga ke wilayah Kertek sampai pagi hari, tepat di hari perayaan Idul Fitri 1442 H lalu,” ungkapnya.

Sampai di wilayah Nongkosari Kertek, lanjut Kabag Humas Polres, kedua pelaku melihat Toserba Harumanis dalam kondisi kosong dan sepi. Merekapun beraksi. Berdasarkan rekaman CCTV, Romadhon akhirnya berhasil ditangkap Resmob Polsek Kertek pada 10 Juni 2021. Sementara keberadaan Sholeh masih dicari polisi. (git/ton)

 

Terbaru

Populer

Lainnya