alexametrics


PPDB Online, Butuh Dampingan Orang Tua

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) telah dibuka beberapa hari terakhir. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Wonosobo meminta agar orang tua aktif dampingi anak.

“Karena PPDB tahun ini dilakukan dengan full online. Jadi keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak sangatlah penting,” ujar Kepala Disdikpora Kristijadi belum lama ini.

Hal tersebut dilakukan Disdikpora untuk menghindari terjadinya kerumunan di setiap sekolah. Terlebih saat ini tidak semua sekolah siap untuk menggelar pertemuan secara langsung. Sehingga pilihan untuk bergeser ke online ini sebagai alternatif terbaik.

Untuk SD, pendaftaran telah berjalan selama tiga hari terkahir. Yakni mulai tanggal 12 hingga 15 Juni. Sementara untuk SMP akan mulai dibuka 22 Juni hingga 24 Juni.

Namun saat perjalanan PPDB ini dirinya mengaku masih menemukan orang tua yang tidak mengerti tentang pendaftaran secara online. Padahal saat ini seluruh persyaratan telah dilakukan secara online itu. Mulai dari validasi data hingha menentukan titik koordinat lokasi calon siswa.

“Keaktifan orang tua itu sangat penting. Untuk selalu mengupdate data tentang progres PPDB melalui berita atau web yang kita unggah. Sehingga mereka bisa tahu apa yang harus mereka lakukan,” ujarnya setelah melakukan evaluasi terhadap PPDB online untuk tingkat SD itu.

Selain meminta untuk terus bisa update data, diharapkan seluruh orang tua selalu komunikasi dengan sekolah. Melalui nomor telepon yang telah ditentukan dari setiap sekolah itu.

“Jadi setiap pendaftar akan diberi nomor admin dari sekolah tersebut. Atau bisa juga dimasukan dalam grup PPDB di sekolah itu. Jadi update lah informasi,” ungkapnya.

Sementara untuk menerima pendaftaran online tersebut, Disdikpora juga telah membenahi server pendaftaran. Dengan bekerja sama dengan Diskominfo Wonosobo. Pasalnya pada tahun lalu server sempat mengalami down tak kuat menerima ribuan pendaftar.

“Mudah-mudahan kali ini setelah dibenahi tidak terjadi lagi. Alhamdulillah yang sekarang belum ada gangguan seperti itu,” pungkasnya. (git/lis)

 

Terbaru

Fadia Baca Semua Aduan Warga

Tempat Ibadah Harus Taat Prokes

Populer

Lainnya