alexametrics

Warga Swadaya Tambal Empat Kilometer Jalan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Banyaknya kerusakan jalan di Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo memunculkan kesadaran di tengah masyarakat. Yakni dengan usaha untuk membenahi jalan secara swadaya.

“Ini merupakan usaha dari kita bersama warga di sini untuk tidak terus menerus mengeluh. Sebisanya kita lakukan perbaikan,” terang Danramil Watumalang Lettu Chb Yahya Sri Supriyatno setelah memimpin karya bakti di jalan penghubung empat desa di Kecamatan Watumalang. Yakni Desa Kuripan, Lumajang, Wonokampir dan Binangun. Total sekitar empat kilometer jalan yang diperbaiki.

Meskipun jalan yang rusak itu hanya ditambal dengan seadanya, namun ia bangga dengan kinerja bersama masyarakat dalam beberapa minggu terakhir. Sebab, mulai dari penggalangan dana, sampai dengan pengerjaan jalan itu mereka sendiri selesaikan. “Jadi memang bantingan. Yang punya uang sumbang dengan uang, yang siap pasir dikirimi pasir, yang siap semen juga kirim semen,” ujarnya.

Baca juga:  Tegur Pengunjung Pasar Hewan Sapuran yang Tak Bermasker

Bahkan Yahya tak mengira dari hasil yang dikumpulkan itu bisa mencukupi untuk menutup kerusakan jalan yang cukup parah. Meskipun tak seluruhnya bisa ditambal lantaran anggaran yang diterimanya itu tidaklah cukup. “Yang terpenting lubang-lubang yang lebar dulu yang kita benahi. Agar kendaraan yang melintas tidak merasakan kesulitan,” ungkapnya.

Ia berharap munculnya kesadaran dari masyarakat ini bisa menjadi inspirasi dari daerah lain. Sebab jika menunggu dana dari pemerintah akan lama dan bisa membahayakan pengguna jalan. “Jalan merupakan fasilitas umum, untuk itu diperlukan perhatian dan peran serta masyarakat dalam hal perawatan,” lanjutnya.

Lebih lanjut ia meminta pada warga untuk selalu membersihkan saluran irigasi. Sebab salah satu penyebab rusaknya jalan karena adanya air yang masuk ke jalan raya. Dan masyarakat diharapkan juga memperhatikan tonase kendaraan. Sebab saat ini banyak kendaraan yang melintas akan tetapi tidak memperhatikan kelas jalan yang dilalui. (git/ton)

Baca juga:  Pendaftaran Bacaleg sudah Dimulai

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya