alexametrics


Serapan Anggaran Baru 20,4 Persen

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar kritisi serapan anggaran aparatur sipil negara (ASN) yang dianggap masih rendah. Pasalnya hingga pertengahan bulan ini, serapan anggaran baru 20,4 persen dari total anggaran.

“Saya minta setiap perangkat daerah segera melaksakan kegiatan kegiatan di masing masing perangkat daerah,” tegasnya saat membuka rapat koordinasi pengendalian operasional belanja langsung (POBL) di ruang Rapat Mangoenkoesoemo Setda, Senin (7/6/2021).

Dirinya menjelaskan besaran anggaran belanja di Kabupaten Wonosobo itu Rp 1,967 triliun pada tahun 2021. Namun sampai 31 Mei 2021 ini anggaran yang digunakan ASN baru Rp 401.512.596.062. Atau 20,4 persen. Jumlah ini mengalami kenaikan  6,9 persen dibanding anggaran belanja yang digunakan pada bulan April lalu.

“Karena hingga 30 April kita masih di angka 13,5 persen jumlah anggaran yang dikeluarkan. Terkait perintah yang sudah diberikan pada rapat koordinasi sebelumnya itu hasilnya bagaimana,” tanya Wabup pada ASN yang hadir.

Pihaknya meminta kepala bagian hukum dan tim penyusun peraturan bupati tentang penjabaran APBD kabupaten setelah refokusing. Sedangkan kepada asisten perekonomian dan pembangunan untuk melaporkan sejauh mana follow up terhadap provinsi.

Dia khawatir bila terjadi penundaan kegiatan dan pelaporan akan berdampak pada sejumlah sektor. Terutama pada alokasi dana DAK tidak dapat ditransfer ke kas daerah dan dianggap hangus.

Pada kesempatan itu Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo juga menyampaikan kepala semua perangkat daerah untuk segera menindaklanjuti arahan dari wakil bupati. (git/lis)

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer