alexametrics

Informasi Akurat untuk Majukan Daerah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo meminta sejumlah radio lokal untuk berkontribusi dalam memajukan daerah. Dengan memberikan informasi yang akurat mengenai berbagai persoalan di kota pegunungan ini.

“Karena hingga saat ini radio masih menjadi salah satu alternatif masyarakat dalam mendengarkan berbagai informasi,” terang Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dalam musyawarah lokal Organisasi Radio Republik Indonesia (Orari), Minggu (30/5/2021).

Menurutnya saat ini komunikasi dengan media radio masih relevan. Utamanya dalam penyampaian informasi darurat. Mengingat kondisi geografis Kabupaten Wonosobo yang rawan akan bencana.

“Karena sinyal itu bisa sampai pelosok desa. Yang banyak didengarkan di waktu-waktu yang senggang. Saya berpesan agar Orari Kabupaten Wonosobo senantiasa cepat dan akurat dalam menyampaikan informasi yang dinilai krusial,” katanya.

Baca juga:  Salat Id di Rumah, Dipantau Aplikasi

Lanjut dia. merujuk Undang-undang Republik Indonesia No 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi disebutkan jika penyelenggaraan telekomunikasi mempunyai arti strategis. Utamanya memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa, memperlancar kegiatan pemerintahan, mendukung terciptanya tujuan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, serta meningkatkan hubungan antarbangsa.

“Artinya,  telekomunikasi memiliki posisi strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Termasuk bagi Pemerintah Kabupaten Wonosobo ini,” ujarnya.

Dirinya menilai jika selama ini peran Orari telah bagus sebagai mitra pemerintah. Dengan membagikan informasi pada operasi pengamanan Lebaran, Natal, dan tahun baru. Bantuan air bersih, donor darah, bantuan bencana alam, dan peran serta pembinaan keterampilan komunikasi untuk generasi muda.

Ketua Orari lokal Wonosobo Setyawan Puji Widiyanto menyebut selama ini peran radio masih signifikan. Meski di tengah situasi serba digital. Maka inovasi dalam internal radio lokal memang sangat dibutuhkan.

Baca juga:  Polisi Pastikan Mayat Perempuan yang Ditemukan di Bawah Jembatan Kemandu Korban Pembunuhan

“Kita harus bisa menyesuaikan dengan berbagai zaman. Dan itu terbukti jika radio hingga saat ini masih terus eksis di tengah masyarakat,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, YC2ANH atau Bupati Afif Nur Hidayat menjadi anggota kehormatan sekaligus dewan pembina Orari Lokal Kabupaten Wonosobo. (git/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya