alexametrics

Polres Wonosobo Pasang Puluhan Tanda Keselamatan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Antisipasi jelang Lebaran 2021, pihak kepolisian tak hanya mendirikan pos pengamanan. Di sejumlah tempat, polisi juga memasang papan informasi bagi pengguna jalan untuk berhati-hati.

Pemasangan banner itu tak lain untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di Kabuapaten Wonosobo. Mengingat kondisi jalan yang berada di kawasan pegunungan ini memiliki kontur yang naik turun serta berkelok. Bahkan di beberapa lokasi jalanan tersebut sering terjadi kecelakaan. “Kita pasang di jalan yang memang rawan kecelakan. Seperti di jalan tengkorak Kertek, jalan Kepil, Wadaslintang, serta di Jalan Dieng,” ungkap Kanit Pendidikan dan Rekayasa Lalulintas (Dikyasa) Polres Wonosobo Iptu Bambang AS.

Ada 70 banner besar berisi imbauan keamanan keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dipasang. Imbauan itu berisi tentang kewaspadaan di turunan panjang, turunan tajam, rawan tabrakan banyak tikungan, rawan kecelakaan, jalan berkabut dan adanya pasar tumpah di beberapa titik. “Sejauh ini masih fokus di dua jalur utama, yaitu arah Kertek menuju Kledung dan jalur menuju kawasan dataran tinggi Dieng,” ucapnya.

Baca juga:  Dieng Aman untuk Dikunjungi

Jalur rawan kabut biasa terjadi di Kledung sepanjang 5 kilometer. Saat berkabut, jarak pandang pengemudi terbatas hanya 5 meter. Selain itu jalur utama menuju kawasan Dieng dan juga beberapa titik jalur utama di kaki gunung Sindoro dan Sumbing dalam kondisi serupa.

Kasatlantas Polres Wonosobo AKP Sugito mengemukakan, jelang Lebaran, biasanya ada kenaikan aktivitas transportasi baik orang maupun barang di jalur tersebut. Pengemudi diharapkan beristirahat terlebih dahulu sebelum melintas di jalur berkabut.

“Jadi untuk pengemudi, yang biasanya dari luar Kabupaten Wonosobo, jika melintas jalur turunan panjang itu harus benar-benar hati-hati. Kalau perlu istirahat dulu di rest area yang ada di sekitar jalur tersebut sembari mengecek kondisi kendaraan, utamanya rem kendaraan benar-benar berfungsi,” katanya. (git/ton)

Baca juga:  Gugat NKRI Berarti Melakukan Revolusi

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya