alexametrics

Pemkab Wonosobo Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Perjalanan Ramadan sudah memasuki pertengahan bulan. Pemkab Wonosobo perlu memastikan ketersediaan dan distribusi makanan tetap terjaga. Hingga jelang Lebaran, harga kebutuhan pokok tidak naik.

Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar meminta dengan tegas, agar instansi dan perangkat daerah bahu-membahu dalam memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat selama Idul Fitri. Dengan melaksanakan pelayanan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Sehingga bisa meminimalisasi munculnya permasalahan di masyarakat.

“Kita meminta pada perangkat daerah dapat memahami skema perencanaan, terkait ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat dan layanan umum dalam rangka persiapan Hari Raya Idul Fitri, “jelasnya saat rapat koordinasi lintas sektoral di dedung Adipura Kencana, Selasa, (27/4/2021).

Baca juga:  Perangkat Desa Ikut Andil dalam Pembangunan

Albar menjelaskan menjelang Lebaran sejumlah kebutuhan pokok sering mengalami peningkatan. Sehingga pihaknya perlu memastikan dalam tahap ini pemkab perlu memantau setiap harga kebutuhan yang naik di pasaran.

“Kita harus bisa memastikan harga di pasar. Sehingga tidak muncul gejolak di masyarakat mengenai naiknya harga kebutuhan pokok itu,” imbuhnya.

Bahkan menurutnya kenaikan harga itu bisa terjadi di luar harga bahan pokok. Permasalan yang terjadi jelang hari raya Idul Fitri itu juga menyangkut masalah potensi kecelakaan dan kemacetan lalu lintas. Peningkatan kebutuhan layanan transportasi dan infrastruktur. Potensi gangguan ketenteraman dan ketertiban masyarakat, serta lokasi berpotensi rawan bencana.

Sementara itu, Sekretaris Daerah One Andang Wardoyo yang memimpin rapat menjelaskan perintah wakil bupati telah dilaksanakan di masing-masing OPD. Termasuk masalah kebutuhan harga bahan pokok di pasaran.

Baca juga:  Event Picu Kerumunan Dihapus dari Agenda Hari Jadi Ke-196 Wonosobo

“Saya sudah menugaskan bagian perekonomian untuk memastikan kondisi rill di lapangan. Setiap hari. Jangan sampai pemkab abai soal-soal seperti ini,” terangnya.

Bahkan dirinya juga meminta Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM untuk selalu cek pasar. Minimal untuk mendata harga yang fluktuatif di pasar. Dan menurutnya hingga kini secara umum harga kebutuhan pokok masih stabil. “Ada beberapa kebutuhan pokok yang naik harga. Seperti daging ayam dan telur. Tapi itu masih dalam batas wajar,” terangnya. (git/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya