alexametrics

Soal Kebencanaan, Perlu Penyadaran Berulang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Pegawai di lingkup Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Wonosobo mengikuti simulasi kebencanaan, Senin (26/4/2921). Gelaran ini untuk memunculkan kesadaran bagi pegawai mengenai bencana yang mungkin bisa terjadi. Sebab potensi kebencanaan di Wonosobo besar.

Tampak para pegawai berlari-lari kecil berusaha menyelamatkan diri menuju pintu keluar gedung.  “Kita perlu mengingatkan kembali soal cara menyelamatkan diri jika situasi bencana melanda,” terang Supriyadi, kabag Umum Setda Kabupaten Wonosobo.

Dikatakan simulasi seperti ini sudah disiapkan dan dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal itu dimaksudkan untuk mengingatkan kembali. Sekaligus upaya meningkatkan kesiapsiagaan serta kewaspadaan para ASN bila sewaktu-waktu ada bencana.

Diharapkan dengan simulasi tersebut mampu memberi pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan tentang bahaya bencana alam. Bila masyarakat tidak mengetahui risiko bencana alam di wilayahnya, maka tidak akan melakukan persiapan. Sehingga simulasi ini bertujuan untuk menjadikan masyarakat tahu serta mampu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan jika terjadi bencana.

Baca juga:  Kakek Tewas Tertimpa Longsor

Sementara Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra M. Aziz Wijaya menjelaskan Wonosobo merupakan wilayah dengan kerawanan bencana persentase tinggi dan beragam. Maka, Pemkab menjadikan hal ini sebagai perhatian serius yang harus dihadapi.

“Melalui berbagai kegiatan edukasi untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana yang mungkin terjadi,” ujarnya saat memberikan pengarahan kepada pegawai di lingkup setda usai simulasi kesipasiagaan bencana.

Ia menyampaikan terimakasih atas keikutsertaan para pegawai dalam simulasi tersebut. Juga berharap agar para ASN selalu waspada  akan bahaya bencana yang mungkin terjadi. (git/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya