alexametrics

Jalan ke Pusat Pendidikan Wonosobo Rusak Parah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Ruas jalan utama menuju pusat pendidikan di Kelurahan Kalibeber Kecamatan Mojotengah rusak parah. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Wonosobo menyatakan belum adanya perbaikan jalan itu lantaran anggaran yang digunakan terbatas.

Kelurahan Kalibeber terkenal sebagai pusat pendidikan di Kabupaten Wonosobo. Di wilayah ini terdapat puluhan pondok pesantren, PAUD, SD, MI, MTs, SMA hingga perguruan tinggi.

Dosen Prodi Ilmu Politik, Fakultas Komunikasi, Sosial dan Politik (FKSP) Unsiq Wonosobo Muhammad Yusuf menyayangkan sikap pemerintah yang tak memprioritaskan akses jalan menuju kelurahan Kalibeber itu. Sebab ada ratusan kendaraan yang setiap hari melintas di daerah tersebut. “Harusnya Pemkab melalui dinasnya bisa memberi kebijakan khusus ke Kelurahan Kalibeber. Karena jalan ini sebagian besar akan menuju akses pendidikan,” terangnya Minggu (25/4/2021).

Baca juga:  Gugah Kesadaran Berbagi dengan Gerimis Mesra

Ia menjelaskan, kerusakan jalan terjadi hampir di setiap tahun. Dan perbaikan yang dilakukan pemerintah hanya sekadar penambalan saja.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Wonosobo Ika Aris Jatmiko menjelaskan, anggaran yang keluar selama ini jumlahnya sangat terbatas. Tahun lalu hanya tersedia anggaran Rp 2 miliar untuk bidang Bina Marga. Dana ini tak cukup untuk memaksimalkan perbaikan jalan.

“Bayangkan saja mas, dalam satu tahun kita hanya dapat tujuh paket dari APBD. Besaran per satu paketnya itu sekitar Rp 200 juta. Makanya ada pengaspalan, itu bukan dana APBD, tapi dari pusat dan provinsi,” terangnya kepada Jawa Pos Radar Magelang.

Ika menyebut, selama ini bisa melakukan pemeliharaan jalan itu dengan menggunakan bantuan dari pemerintah pusat atau pemerintah provinsi. Seperti tahun-tahun sebelumnya. Itu saja, tak semua kawasan bisa diajukan bantuan. (git/ton)

Baca juga:  Peternak Dombos Harus Paham Pembukuan Keuangan

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya