alexametrics

Wonosobo Perlu Perbup Kawasan Tanpa Rokok

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Sudah sejak 2018 program Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Wonosobo berjalan. Namun nyatanya hal tersebut belum berjalan dengan baik. Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonosobo menyepakati perlu regulasi yang lebih mengikat pada program tersebut.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Wonosobo M Riyatno menjelaskan, penetapan KTR di setiap gedung perkantoran dan fasilitas umum itu telah ada. Namun hal tersebut diakui jika menurutnya memang belum berhasil. Menurutnya Pemkab memang perlu membuat draft Peraturan Bupati (Perbup) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di tahun ini. “Kita butuh itu. Sehingga ada ikatan yang kuat melalui sebuah aturan yang tegas dan jelas,” katanya saat menjelaskan pada perwakilan Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) dan The Union dari Universitas Muhamadiyah Magelang (Unimma) Kamis (22/4/2021).

Baca juga:  Berkolaborasi untuk Warga yang Isoman

Ketua MTCC dan The Union Unimma Fauzi Ahmad Nur menjelaskan, kedatangannya untuk memberi usulan pada Pemkab Wonosobo tentang aturan mengenai bahaya merokok bagi anak. Menurutnya, Wonosobo perlu memiliki regulasi khusus untuk memberikan perlindungan terhadap masyarakat, khususnya kepada anak-anak terkait dengan bahaya rokok. “Kami ingin memberikan bantuan teknik agar Wonosobo bisa mempunyai regulasi yang bisa melindungi masyarakat khususnya anak-anak dari bahaya rokok,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mengaku muncul keinginan yang sama. “Ini memang menjadi pekerjaan rumah bagi kita. Tapi sementara ini programnya terus berjalan walau dengan cara perlahan, dan harus disertai adanya edukasi kepada masyarakat,” katanya menjelaskan.

Ia menyadari sebagian wilayah Wonosobo masih banyak warga yang mengandalkan hasil pertanian dari menanam tembakau. Pemkab akan meneruskan kepada instansi teknis terkait untuk melaksanakan konsolidasi dan koordinasi terkait hal ini. (git/ton)

Baca juga:  Lulusan Kesetaraan Tak Perlu Minder

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya