alexametrics

Satgas Wonosobo Beri Lampu Hijau Ujian Digelar Tatap Muka

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Satgas Covid 19 Kabupaten Wonosobo memberi lampu hijau pelaksanaan ujian sekolah secara langsung atau tatap muka. Namun izin tatap muka itu diberikan pada sekolah yang berada di zona hijau dan kuning.

“Pihak sekolah wajib memastikan dulu sekolahnya berada di zona apa. Kalau aman silakan. Kalau ada pasien positif hingga tiga lebih mending ditunda dulu,” jelas Dwi Erna Widayanti, penanggung jawab Sekretariat Satgas Covid Kabupaten Wonosobo saat ditemui dikantornya, Rabu (14/4/2021).

Ia menjelaskan pemberian izin datang lebih awal. Sehingga bagi SD maupun SMP yang akan menggelar ujian sekolah bisa mempersiapkan diri sedini mungkin. Diharapkan saat pelaksanaan ujian bisa sesuai protokol kesehatan.

“Masih ada waktu satu minggu ke depan bagi sekolah yang akan menggelar ujian. Jadi nanti saat Satgas survei lokasi sudah benar-benar sesuai dengan pedoman yang kita sarankan,” ujar Erna yang juga Kasubag Kesejahteraan Sosial Bagian Kesra Setda Kabupaten Wonosobo ini.

Selain pemberian izin pada wilayah zona hijau, Satgas juga memberikan syarat dalam satu ruangan harus diisi maksimal 12 siswa. Setiap guru yang akan mengawasi telah ikut program vaksin yang disediakan oleh pemerintah.

“Jika ada yang tidak memenuhi itu, saya harap Disdikpora segera bisa mengonfirmasi untuk dilakukan penundaan terlebih dahulu,”lanjutnya.

Pelaksanaan ujian sekolah ini bakal digelar Senin 19 April 2021. Namun setiap sekolah diberi kewenangan oleh Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) menyesuaikan kegiatan tersebut.

Sebelumnya, Kepala Disdikpora Kristijadi mengatakan rencana perluasan PTM bagi 35 sekolah ini sekaligus untuk mempersiapkan ujian sekolah. Sementara itu, SMPN 3 Kalikajar melakukan evaluasi pembelajaran jarak jauh dan sosialisasi persiapan pembelajaran tatap muka. Sejauh ini menurut Kepala SMPN 3 Kalikajar Mairohwati wacana PTM ini disambut baik oleh seluruh wali murid. “Karena model pembelajaran jarak jauh justru membuat orang tua beban. Adanya wacana untuk PTM kembali mereka semua sepakat,” jelasnya saat dikonfirmasi.

Terlebih, saat ini di wilayahnya juga masuk ketegori zona hijau. Atau zero pasien Covid 19. Sehingga pihaknya optimistis untuk menggelar ujian sekolah secara langsung.

Ia akan memulai uji coba dengan ujian sekolah Senin depan. Jika sukses akan dilanjutkan dengan menggelar PTM secara keseluruhan. Saat ini, pihaknya baru melakukan penandatanganan pakta integritas  pelaksanaan pembelajaran tatap muka dengan pengetatan protokol kesehatan. Siswa-siswi dan orang tua diminta untuk saling mengingatkan  dan kerja sama demi terselenggaranya pembelajaran tatap muka debgab baik. (git/lis)

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer