alexametrics

Wacanakan Lima Destinasi Dieng Baru

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo merencanakan program prioritas lima Dieng baru. Rencana ini mulai dikenalkan untuk mengembangkan pariwisata selain Dieng.

“Ini baru rencana dari Bappeda. Namun ini menjadi prioritas pembangunan kita ke depan. Hasil dari salah satu komitmen bupati hari ini untuk mulai fokus ke sektor pertanian dan pariwisata,” terang Edi Santoso, kepala Bidang Destinasi Wisata Disparbud Kabupaten Wonosobo.

Lima Dieng baru ini akan mencontoh 5 Bali Baru dari program pusat. Yang bermaksud untuk mengembangkan kawasan baru yang lebih memiliki orientasi berkelanjutan. Dengan menyatukan semangat pembangunan bersama. Mulai dari tahap perencanaan, penataan hingga pemeliharaan.

“Bentuknya di bawah satu kawasan itu harus memiliki ide yang sama mengenai perencanaan hingga pembangunan. Jadi ada keselarasan,” terangnya. Diketahui lima Dieng baru itu ingin memunculkan satu kawasan yang digarap bersama oleh seluruh komponen. Sehingga tidak ada lagi lempar tanggung jawab antarsatu kedinasan. Semua ikut terlibat dalam membangun kawasan itu. Lima kawasan itu adalah Dieng, Telaga Menjer, Kalianget, Candiayasan-Keseneng, Gunung Lanang, dan Waduk Wadaslintang. “Jadi besok antar-OPD saling bahu-membahu menyukseskan prioritas pembangunan ini. Jangan terpisah-pisah,” katanya.

Jika rencana ini bisa dilakukan menurutnya akan bisa meningkatkan pendapatan dari sektor pariwisata di Kabupaten Wonosobo. Sebab menurutnya jika pariwisata adalah hasil akhir dari setiap proses yang dilalui. “Jika jalannya baik, warganya mudah diatur. Tata ruangnya menjadi jelas misalnya, maka sangat mungkin pariwisata menjadi naik,” tuturnya.

Maka, besar harapannya jika prioritas lima Dieng baru ini segera ditekniskan dalam bentuk peraturan juklak dan juknisnya. Sehingga dalam beberapa tahun ke depan masyarakat di Wonosobo sudah bisa menikmasti hasilnya. (git/lis)

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...