alexametrics

Santri Perlu Tingkatkan Life Skill

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Pondok Pesantren (Ponpes) perlu terobosan. Yakni dengan memberikan sejumlah alternatif keterampilan. Utamanya saat membekali para santri dengan pengetahuan umum.

Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar mendukung keberadaan Pondok Life Skill Jamuniro pimpinan dari kiai muda Sidqi FD yang mau berinovasi pada spesifikasi ilmu. Yakni dengan mengajarkan pengetahuan umum itu kepada para santrinya.

Pendidikan agama dalam pesantren adalah modal dasar dalam menimba ilmu. Namun, jika bisa dibekali dengan spesifikasi ilmu umum itu juga dianggap tak kalah penting. “Saya mendukung para pimpinan, pengasuh, serta pengurus pondok untuk terus mengembangkan bidang pembekalan keterampilan santri ini, sehingga selanjutnya santri yang lulus akan berdaya saing serta mandiri dalam berbagai sektor dan bidang kerja,” ucapnya saat meresmikan Masjid Imaamul Istiqomah di Pondok Life Skill Jamuniro Senin (5/4/2021).

Baca juga:  Delapan Rumah di Kecamatan Wonosobo Terancam Longsor

Menurutnya, para santri setelah selesai belajar menuntut ilmu itu tidak mungkin jadi kiai semua. Sehingga mereka harus memiliki kemampuan, pengetahuan dan skil lain selain bidang keagamaan, untuk bekal saat mereka kembali dari pondok.

Sementara Sidqi FD menegaskan bahwa pondok yang diasuhnya memiliki sanad (silsilah keilmuan) yang jelas, pasalnya kakek dari pendiri pondok tersebut merupakan kawan seperjuangan dengan simbah Kiai Habibullah Idris almarhum. “Bagi saya kejelasan sanad ini penting untuk mengerti sejarah dari apa yang kita perjuangkan,” katanya. (git/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya