alexametrics

Kali Cutang Jadi Tempat Napak Tilas

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat meresmikan tempat yang diduga tempat singgah Pangeran Diponegoro di Desa Ngaliyan, Kecamatan Wadalintang. Menurut Afif, lokasi tersebut adalah tempat bersejarah yang harus diingat dan dihargai. Maka, lokasi harus dijaga dan dirawat, sebagai edukasi pada generasi penerus.

“Sehingga anak cucu di masa depan, tidak lupa pada sejarah bangsa sendiri,” terang Afif Nurhidayat saat launching napak tilas pejuang Pangeran Diponegoro di area makam Kali Cutang Dusun Gedongan Desa Ngaliyan Kecamatan Wadaslintang, Sabtu (3/4/2021) lalu.

Ia berterimakasih pada warga yang telah merawat yang tempat tersebut. Pada masa penjajahan diyakini Pangeran Diponegoro pernah singgah dan datang ke Gedongan ini.”Saya dapat pesan langsung dari Abah Lutfi Pekalongan dulu. Untuk tetap merawat dan menjaga tempat bersejarah seperti ini,”imbuhnya.

Afif mengatakan di dua lokasi, yakni pemakaman Ketinggring dan Ngaliyan ini memiliki sejarah yang panjang. Utamanya sejarah-sejarah ulama dalam persebaran Islam di Wonosobo.

“Dulu Habib lutfi langsung membuka, di sini makam ulama besar di Gedongan ini. Sehingga pembukaan baru napak tilas Pangeran  Diponegoro ini saya harus datang langsung ke sini,” terangnya.

Selain karena melanjutkan perintah dari ulama besar, dirinya mengingat petuah lama presiden pertama RI, Ir Soekarno. Bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal sejarah.  Oleh karena itu, hal ini menurutnya penting untuk memperingati hari-hari bersejarah dan pahlawan.

“Menghormati tempat-tempat yang memiliki arti penting bagi perjuangan pahlawan pendahulu kita itu haru dilakukan. Agar kita tidak mudah lupa pada cita-cita luhur bangsa ini,” tegasnya.

Bupati berpesan untuk tetap mempertahankan budaya dan jati diri sebagai bangsa yang luhur. “Kita boleh mengenal budaya bangsa lain, namun jangan sekali-kali lupa akan jati diri bangsa sendiri,” pungkasnya. (git/lis)

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...