alexametrics

Desa Mojosari Unggulkan Produk Kambing Etawa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Ratusan kambing peranakan etawa (PE) jadi unggulan Desa Mojosari, Kecamatan Mojotengah. Saat ini ada ratusan kambing yang tengah dibudidayakan. Rencananya, produk kambing ini dijadikan unggulan desa tersebut.

Kepala Desa Mojosari Maprah menjelaskan saat ini sudah ada 260 ekor kambing PE yang dibudidayakan petani setempat. Dimungkinkan kambing ini masih akan terus berkembang.

“Karena melihat potensi pasarnya bagus. Itu bisa dilihat dari harga. Untuk anakan kambing umur 3-5 bulan sudah dipatok di harga minimal Rp 5 juta,” terangnya usai menyaksikan pengobatan gratis pada kambing etawa (1/4/2021).

Pihak desa akan terus mendukung upaya peningkatan pengembangbiakan kambing tersebut. Pasalnya, kualitas dari kambing yang dihasilkan Desa Mojosari ini sudah diakui di level regional. Mulai dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat.

Baca juga:  Wow! Kenalkan Potensi Lokal dengan Lagu-Lagu Didi Kempot

“Maka jika melihat peluang ini. Saya kira akan sangat bagus ke depan untuk mengenalka nama desa dari produk kambing ini,” ungkapnya. Para peternaka etawa tersebut tergabung dalam kelompok tani Estu Sae.

Untuk menambah produktifitas, pihaknya masih ingin memaksimalkan potensi kambing. Seperti mengolah kotoran hewan tersebut untuk dijadikan pupuk.

“Sementara ini kotoran kambing PE ini kan cukup diminati pasaran juga. Hanya saja belum terkelola dengan baik,” jelasnya.

Ke depan pihaknya masih ingin menciptakan peluang ekonomi dari sektor pengelolaan pupuk ini. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan keuntungan lebih dari beternak kambing etawa. “Terus terang ini masih menjadi PR bagi saya. Bagaimana desa ini benar-benar bisa maju dari sektor perternakan. Utamanya di pengembangan kambing etawa,” pungkasnya. (git/lis)

Baca juga:  Rem Blong, Sopir Truk Tewas

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya