alexametrics

Dana Refokusing Capai Rp 65 Miliar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Kegiatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo di tahun ini masih seret. Pasalnya sebagian besar anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2021 ini masih digunakan untuk penanganan Covid-19. Jumlahnya mencapai Rp 65 miliar lebih.

“Beberapa hari yang lalu sudah kita sampaikan ke Kemenkeu terkait APBD kita di tahun ini. Untuk melaporkan dana APBD kita yang sebagian besar masih untuk refocusing,” terang Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat kemarin (15/3/2021).

Afif menyebutkan tahun ini masih akan sulit melaksanakan kegiatan pembangunan. Dengan banyaknya anggaran yang masuk untuk refocusing Covid-19. Utamanya biaya yang akan dikeluarkan untuk operasional vaksin.

“Sementara anggaran yang akan kita gunakan di tahun ini lebih besar muncul dari dana alokasi umum (DAU),” jelasnya saat menghadiri pramusrenbang di aula Kecamatan Wonosobo bersama Wakil Bupati Muhammad Albar dan sejumlah pimpinan OPD.

Baca juga:  Parah, Jalan Penghubung Wonosobo-Kebumen Puluhan Tahun Tak Diperbaiki

Ia meminta kepada kepala kelurahan dan kepala desa yang hadir agar tetap optimistis. Meskipun dengan dana terbatas, kekurangan itu masih bisa dianggarkan di tahun-tahun selanjutnya.

Dirinya mengaku takkan mengubah anggaran kegiatan yang sudah terjadwal di tahun ini. Yakni sejumlah kegiatan yang tidak terpotong karena adanya refocusing. Sehingga tetap bisa dimaksimalkan untuk kemaslahatan masyarakat banyak.

Sementara itu perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Fahmi Hidayat menjelaskan proses pramusrenbang ini bakal digunakan untuk 2022. Oleh karena itu, bupati dan wakil sebagai representasi pemimpin baru akan mulai mengonsolidasikan arah pembangunan ke sejumlah OPD.

“Bappeda ditugasi untuk membentuk dan mengelola seluruh persoalan tersebut. Mana yang benar-benar layak dan tidak untuk ditindaklanjuti,” jelasnya. (git/lis)

Baca juga:  Masih Ada Siswa yang Takut Ikut Ujian Tatap Muka

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya