alexametrics

Jalan A Yani Wonosobo Bakal Bebas dari Parkir

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo bakal menata kawasan parkir di sepanjang Jalan A Yani. Penataan kawasan parkir itu dilakukan setelah pembangunan Pasar Induk diselesaikan.

“Kita rencanakan awal tahun depan sudah mulai ditata. Jadi kawasan tersebut bisa bebas dari parkir,” terang Sekda Kabupaten Wonosobo One Andang Wardoyo baru baru ini.

Disebutkan penataan kawasan di sekitar Jalan A Yani tersebut memang perlu dibenahi. Pasalnya sekitar kawasan tersebut sering terjadi kepadatan arus lalu lintas saat memasuki jam kerja. Kepadatan ini salah satunya disebabkan karena sebagian bahu jalan digunakan untuk tempat parkir.

“Kita akan melakukan penataan setelah pembangunan pasar diselesaikan. Tempat parkir akan kita geser ke dalam. Tidak sepanjang jalan itu,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kedu.

Saat ini, Pemkab masih melakukan sosialisasi pada tukang parkir dan pedagang yang menggunkan bahu jalan di sepanjang kawasan itu. Sehingga saat proses penertiban nanti sudah tidak ada lapak dan tukang parkir di area tersebut.

Baca juga:  Tambah Delapan Penyuluh PLKB

“Kita kepingin nanti kawasan ini netral dari parkir dan lapak pedagang. Kalau pasar jadi, kita alihkan ke sana semua. Jadi biar terlihat rapi kotanya,” lanjutnya.

Menurut kontraktor pasar, pembangunan bakal diselesaikan pada akhir November ini. Jika hal tersebut bisa sesuai dengan jadwal, maka proses pemindahan tempat parkir akan dilakukan bersamaan dengan pemindahan pedagang berada di pasar darurat.

“Untuk tempat parkir akan diletakkan di atas gedung pasar. Dengan kapasitas yang jauh lebih besar dibanding yang ada sekarang,” jelasnya. Namun pihaknya menyebut akan berhati-hati saat proses pemindahan parkir itu dilakukan. Sebab ia menilai jangan sampai ikut menggeser mata pencaharian tukang parkir yang selama ini sudah bekerja di kawasan itu.

Baca juga:  Tertibkan Pembayaran Retribusi dan Perizinan

“Satu per satu nanti, Pak Bupati akan menata kawasan itu agar bisa lebih enak dilihat. Tidak terlihat semrawut dan kumuh,” pungkasnya. (git/lis/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya