alexametrics

Pancaroba, Berpotensi Angin Kencang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Memasuki pancaroba, potensi angin kencang disertai hujan terjadi di beberapa wilayah di Wonosobo. Kapten Inf Sutarto menyebut Minggu (11/10/2020) angin kencang telah merusak puluhan rumah di dua dusun. Yakni Dusun Dawuhan dan Banaran Desa Kayugiyang dan Desa Lengkong Kecamatan Garung.

“Untuk Wonosobo kejadian semacam ini (angin kencang, Red) termasuk tinggi,” terangnya saat mengerahkan anggotanya untuk memperbaiki rumah di dua dusun tersebut kemarin (13/10/2020).

Ia menjelaskan melihat letak geografisnya wilayah Wonosobo itu sebagian besar pemukiman berada di bawah lereng gunung. Merupakan daerah perlintasan angin.

“Setidaknya ada empat kecamatan yang sering menjadi korban dari angin kencang ini,” jelasnya.

Kecamatan tersebut meliputi Sapuran, Garung, Kalikajar dan Kertek. Hampir setiap tahun desa-desa yang berada di wilayah empat kecamatan tersebut sering dilanda angin kencang.

Baca juga:  Rob Rendam Bugisan Dua Kali Sehari

Kades Kayugiyang Herman Dwi Arfianto menjelaskan dalam beberapa tahun terakhir, saat masuk musim penghujan wilayahnya sering diterjang angin kencang. Namun baru tahun ini jumlahnya kerusakan yang ditimbulkan tinggi.

“Setidaknya ada 10 lebih rumah yang rusak akibat angin kencang ini,” terangnya. Pihaknya telah menganggarkan dana tak terduga setiap tahun. Namun besarannya memang masih terbatas,” pungkasnya. (git/lis/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya