alexametrics

Kijang Korsleting, SPBU Selokromo Ludes

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Kebakaran hebat terjadi di Stasiun Bahan Bakar Umum (SPBU) Selokromo Selasa (29/9/2020) dini hari. Diduga kebakaran tersebut lantaran satu mobil yang tengah mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di stasiun tersebut mengalami korsleting. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Menurut Sales Branch Manager Pertamina MOR IV Muhammad Yoga Prabowo, kebakaran terjadi pada pukul 00.06 WIB. Berawal saat mobil Toyota Kijang Doyok keluaran 1984 ini pengisian BBM jenis Pertalite sebanyak 50 liter.  “Setelah selesai melakukan pengisian dan mesin kendaraan hendak dinyalakan. Terjadi percikan api dari bagian depan mobil,” katanya yang menjelaskan kronologi kejadian di TKP.

Percikan tersebut lalu membakar kabel bagian depan kendaraan. Operator yang sedang bertugas di SPBU menyadari adanya api langsung berusaha memadamkan menggunakan APAR. “Jadi awalnya, api itu tak langsung mengenai BBM. Tapi dari merembetnya api di kabel yang menyebabkan api tak langsung mati,” katanya.

Baca juga:  Tak Kunjung Diperbaiki Pemkab, Warga Tambal Jalan Berlubang secara Swadaya

Karena masih sulit dipadamkan, operator berusaha mendorong mobil tersebut keluar dari area SPBU. Akan tetapi tidak berhasil karena api semakin membesar dan mulai menyambar area dispenser dan kanopi SPBU.”Karena semakin membesar, empat petugas yang sedang berjaga sudah tidak bisa lagi mendekati mobil karena takut akan terjadi ledakan hebat,” lanjutnya.

Api yang telah menjalar ke satu dispenser terus membesar hingga masuk ke bagian atap. Tidak ada yang berani mendekat. Api dan asap terus membumbung tinggi. Hingga 20 menit kemudian empat mobil damkar datang ke lokasi. “Setelah satu jam lebih api baru bisa dipadamkan oleh petugas,” katanya.

Beruntung, kebakaran tersebut hanya menghanguskan satu dispenserser saja. Sementara tiga dispenser beserta satu sumur tandon BBM dinyatakan aman dari api yang membakar stasiun tersebut. Kerugian ditaksir mencapai Rp 700 juta.

Baca juga:  Api Hanguskan Tiga Rumah di Desa Batursari

Hingga kemarin belum diketahui siapa pemilik kendaraan tersebut. Sejak kebakaran itu terjadi petugas tidak menemukan sang sopir mobil tersebut. “Kita mensinyalir jika kondisi mobil ini memang tidak terawat dengan baik. Kita melihat ada modifikasi tangki BBM yang melebihi standar pabrikan,” katanya. (git/ton/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya