alexametrics

Kabel Tambahan Korsleting, Rumah Ludes

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Kebakaran hebat terjadi di Desa Bowongso, Kecamatan Kalikajar Wonosobo Jumat (10/7/2020) malam. Rumah milik Subagio, 40, ludes dilalap si jago merah. Instalasi tambahan diduga sebagai sumber bencana.

Kapolsek Kalikajar Iptu Budi Rustanto mengatakan kebakaran dipicu oleh korsleting listrik karena pemasangan instalasi yang tidak memenuhi standar. Rumah berukuran 6×8 meter itu berdinding tembok, atap seng rserta angka kusen kayu. Di atas plafon rumah, di bawah atap seng, dimanfaatkan sebagai kamar tambahan dan gudang.

“Instalasi listrik dari PLN dengan daya 450 W kondisinya sudah anjlok namun arus utama dari jaringan togor listrik menuju meteran listrik masih tersambung,” terang Budi. Rupanya pemilik rumah membuat instalasi tambahan tanpa menggunakan pipa pengaman kabel listrik.

Baca juga:  Azis Rangkap Tiga Jabatan

Satu titik sambungan kabel listrik tanpa pipa pralon yang terdapat di bawah lantai kamar tambahan diduga kuat sebagai titik awal api. Saat kejadian kamar tambahan di atas plafon kosong. Hanya terdapat tumpukan kasur dan bantal serta perabotan rumah tangga. “Kebakaran tersebut murni disebabkan adanya korsleting sambungan kabel tambahan yang terletak di plafon rumah,” bebernya.

Camat Kalikajar Bambang Triyono menambahkan lantaran rumah korban ludes terbakar dan sudah tidak bisa ditinggali lagi, maka penghuni rumah terpaksa tinggal di rumah tetangga. Pihaknya juga tengah mengajukan bantuan ke Pemkab Wonosobo. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun kerugian material yang ditanggung pemilik rumah ditaksir mencapai Rp 60 juta. (git/ton/bas)

Baca juga:  Petani Kopi Gunung Kelir Sumringah Dapat Bantuan Alat Roasting

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya